Kelebihan Dan Kekurangan Kb Implan / Susuk Kb

Artikel ini akan membahas Kelebihan dan Kekurangan KB Implan / Susuk KB. Susuk KB berbeda dengan “susuk emas” atau “susuk berlian” yang menciptakan wanita terlihat lebih manis dan abadi muda. Susuk KB yang disebut juga metode kontrasepsi Implan yaitu salah satu metode kontrasepsi jenis hormonal yang dipakai untuk menciptakan kehamilan menjadi terencana. Susuk KB yaitu alat kontrasepsi bawah kulit (biasanya pada lengan atas) yang mengandung progestin yang dibungkus dalam kapsul silastik silikon polidimetri.

Pemasangan susuk biasanya dilakukan ketika ibu menstruasi atau berada dalam masa nifas (hingga 42 hari sehabis bersalin). Proses pemasangannya hanya memakan waktu singkat (sekitar 15 menit). Anda akan diberikan obat anestesi, lalu 1 hingga 2 implant / susuk (panjang 40mm) dimasukkan dengan alat khusus ke bawah kulit (biasanya di lengan kiri penggalan atas untuk yang biasa memakai ajudan / lengan kanan penggalan atas untuk yang kidal) oleh tenaga profesional. Setelah dipasang disarankan untuk tidak membasahi kawasan yang dipasang susuk selama 2-3 hari (1 susuk) atau 5 hari (2 susuk). Kontrasepsi ini akan dilepas sehabis tiga dampai lima tahun penggunaan oleh tenaga profesional juga.

Kelebihan Kontrasepsi Implan / Susuk KB

  1. Sangat efektif (kegagalan 0,2 -1,0 kehamilan per 100 perempuan)
  2. Daya guna tinggi.
  3. Perlindungan jangka panjang (sampai 5 tahun).
  4. Pengembalian tingkat kesuburan yang cepat sehabis pencabutan.
  5. Tidak memerlukan investigasi dalam.
  6. Bebas dari efek estrogen, sanggup dipakai oleh yang tidak cocok dengan KB berbasis estrogen
  7. Tidak mengganggu acara sanggama.
  8. Tidak mengganggu ASI.
  9. Implant sanggup dilepas sewaktu-waktu dan imbas sampingnya akan segera hilang.

Kelebihan Nonkontrasepsi Metode Implan / Susuk KB

  1. Mengurangi nyeri haid.
  2. Mengurangi jumlah darah haid.
  3. Mengurangi / memperbaiki anemia.
  4. Melindungi terjadinya kanker endometrium.
  5. Menurunkan angka tragedi kelainan jinak payudara.
  6. Melindungi diri dari beberapa penyebab penyakit radang panggul.
  7. Menurunkan angka tragedi endometriosis.

Kekurangan Kontrasepsi Implan / Susuk KB



  1. Membutuhkan tindak pembedahan minor untuk insersi dan pencabutan. Sehingga mungkin saja terjadi komplikasi ringan dan menciptakan bekas luka di tempat dimana implan ditanam.
  2. Tidak mencegah bisul menular seksual
  3. Klien tidak sanggup menghentikan sendiri pemakaian kontrasepsi, melepaskannya harus dilakukan oleh dokter di klinik atau rumah sakit bersalin
  4. Efektivitas menurun bila memakai obat tuberkulosis atau obat epilepsi
  5. Efek samping yang mungkin timbul yaitu tidak haid atau gangguan menstruasi, berat tubuh bertambah, sakit kepala, mual, nyeri pada payudara, jerawat, menurunnya gairah seks dan perubahan mood.

Demikian artikel yang membahas Kelebihan dan Kekurangan KB Implan / Susuk KB ini. Semoga sanggup bermanfaat untuk kita semua dalam menjaga kesehatan dan jarak kehamilan untuk mewujudkan keluarga yang senang dan penuh kasih sayang.

Konsultasikan kepada bidan, dokter atau petugas KB untuk menentukan KB yang sempurna untuk anda maupun untuk mendapat konseling dan penanggulangan jikalau terjadi imbas samping dari alat kontrasepsi. Selain itu, baca juga artikel Ini Cara Memilih KB Terbaik untuk membandingkan kelebihan dan kekurangan metode KB lainnya.

Referensi : buku Pedoman Pelayanan Keluarga Berencana Pasca Persalinan di Fasilitas Kesehatan (BKKBN dan Kemenkes RI, 2012)