Cara Menjaga Kesehatan Ibu Di Era Nifas

Selamat atas kelahiran bayi ibu, semoga kelak menjadi anak yang sehat, cerdas, sukses dan berbakti pada keluarga dan bangsa. Kini konsentrasi ibu mau tidak mau terbagi menjadi dua, yaitu memperhatikan kesehatan dan perkembangan bayi, dan juga kesehatan ibu sendiri. Sejak persalinan / melahirkan hingga sekitar 8 ahad (42 hari) sesudah melahirkan / pasca persalinan, jalan masuk produksi ibu hamil berproses hingga kembali menyerupai sebelum hamil. Ini disebut dengan masa nifas. Pada rentang waktu ini, ibu akan mencicipi bebrapa perubahan yang bersama-sama normal. Seperti meningkatnya urin dan peningkatan suhu badan hingga dengan 0,5 derajat celcius (tidak lebih dari 38 derajat celcius).
 sukses dan berbakti pada keluarga dan bangsa Cara Menjaga Kesehatan Ibu di Masa Nifas

Ibu hamil dan keluarga perlu mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan dalam masa perawatan Ibu dalam masa nifas. Seperti investigasi kesehatan, hal-hal apa yang harus dilakukan, hal-hal apa yang menjadi tanda bahaya, dan sebagainya. Sehingga sanggup mencegah komplikasi pasca persalinan yang tidak diinginkan dengan pencegahan lebih dini dan penanganan yang cepat dan sempurna ketika terdapat problem kesehatan.

Pemeriksaan kesehatan ibu nifas



Pemeriksaan kesehatan ibu nifas oleh bidan atau dokter dilaksanakan minimal 3 kali yaitu pada 6 jam hingga dengan 3 hari sesudah melahirkan, investigasi Ibu nifas pada hari ke 4 s/d 28 hari sesudah melahirkan, dan investigasi Ibu nifas pada hari ke 29 s/d 42 hari sesudah melahirkan. Dalam investigasi kesehatan ibu nifas tersebut dokter atau bidan akan enanyakan kondisi ibu nifas secara umum. Selain itu, dokter atau bidan akan melaksanakan hal-hal sebagai berikut:
  1. Mengukur tekanan darah, suhu tubuh, pernapasan, dan nadi 
  2. Memeriksa lokhia dan perdarahan, kondisi jalan lahir dan tanda infeksi, kontraksi rahim dan tinggi fundus uteri, dan investigasi payudara untuk menyusui.
  3. Memberikan Kapsul Vit. A dan tawaran pinjaman ASI Eksklusif
  4. Memberikan klarifikasi dan pelayanan kontrasepsi Pasca Persalinan
  5. Memberikan klarifikasi mengenai perawatan pada ibu nifas sakit atau ibu nifas dengan komplikasi. 
  6. Memberikan konseling ketika dibutuhkan

Tips menjaga kesehatan ibu dan bayi pada masa nifas

Terdapat beberapa hal yang disarankan untuk dilakukan oleh Ibu nifas dalam menjaga kesehatannya, yaitu:

  1. Makan masakan yang beraneka ragam yang mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayur, dan buah-buahan.
  2. Perbanyak minum air putih. Kebutuhan air minum pada ibu menyusui ialah 3 s/d 3,5 liter atau 14 gelas sehari.
  3. Jaga kebersihan diri, termasuk kebersihan tempat jalan lahir untuk menghindari infeksi. Gantilah pakaian dan pembalut sesering mungkin.
  4. Istirahat cukup, ketika bayi tidur sebaiknya ibu segera istirahat
  5. Bagi ibu yang melahirkan dengan operasi caesar, jaga kebersihan luka bekas operasi. Dokter, perawat, atau bidan akan menunjukkan klarifikasi mengenai hal ini.
  6. Pelajari cara menyusui yang benar dan hanya berikan ASI pribadi (ASI saja) kepada bayi selama 6 bulan.
  7. Pelajari mengenai perawatan bayi yang benar.
  8. Jangan biarkan bayi menangis terlalu lama, alasannya ialah akan menciptakan bayi stress.
  9. Lakukan stimulasi komunikasi dengan bayi sedini mungkin bersama suami dan keluarga 
  10. Selalu konsultasikan problem kesehatan Ibu nifas kepada tenaga kesehatan (bidan, dokter, atau tenaga kesehata lainnya). Jika ibu menyusui dengan ASI, ibu harus menjaga contoh konsumsi masakan juga obat-obatan, alasannya ialah tidak semua obat kondusif untuk dikonsumsi ibumenyusui.
  11. Gunakanlah salah satu Metode KB sesudah persalinan untuk mencegah jarak kehamilan yang terlalu dekat.


Sampai disini artikel mengenai perawatan Ibu selama masa nifas. Semoga artikel ini sanggup menambah pengetahuan kita kita semua mengenai perawatan ibu di masa nifas. Selanjutnya baca juga artikel berikut:

Tanda Bahaya Pasca Persalinan
Tanda Penting Pasca Melahirkan
Pantangan Ibu Selama Nifas

Sumber: Buku KIA