Hal Penting Seputar Vitamin A

Vitamin A (disebut juga retinol) sangat mempunyai kegunaan untuk menjaga kesehatan. Banyak dari kita hanya mengetahui bahwa vitamin A mempunyai kegunaan untuk kesehatan penglihatan. Padahal lebih dari itu, vitamin A juga mempunyai kegunaan untuk pertumbuhan anak; menjaga pertumbuhan sel dan jaringan badan (rambut, kuku, dan kulit), menjaga pertumbuhan tulang, serta mendorong fungsi imunitas untuk melindungi badan dari infeksi.
 Banyak dari kita hanya mengetahui bahwa vitamin A mempunyai kegunaan untuk kesehatan penglihatan Hal Penting seputar Vitamin A
Sementara kekurangan vitamin A sanggup mengakibatkan terjadinya gangguan penglihatan (seperti rabun ayam, xeroftalmia , xerosis konjungtiva, xerosis kornea, keratomalasia, xeroftalmia scars, dan bahkan kebutaan permanen). Selain itu kekurangan vitamin A juga sanggup menurunkan fungsi kekebalan badan sehingga menjadi rentan terhadap bisul menyerupai bisul akses pernafasan atas, campak dan diare. Jika kekurangan vitamin A terjadi pada ibu hamil, maka resiko kebutaan pada bayi akan meningkat.

Vitamin A pada Makanan & Minuman

Tubuh insan tidak memproduksi vitamin A secara alami. Vitamin A didapatkan baik dari makanan, minuman, ataupun perhiasan menyerupai kapsul atau tetes vitamin A. Makanan dan minuman yang mengandung vitamin A ataupun karatenoid (provitamin A, yang menjelma vitamin A sehabis dikonsumsi) yaitu sebagai berikut:
  1. Air Susu Ibu (ASI)
  2. minyak ikan
  3. hati
  4. kuning telur
  5. mentega.
  6. sayur-sayuran berwarna menyerupai bayam, wortel, daun singkong, ubi jalar, blewah, aprikot, paprika merah, brokoli, kacang polong, tomat, paprika hijau
  7. buah menyerupai pepaya matang, mangga.
  8. oatmeal instant (yang mengandung vitamin A)
  9. susu (yang mengandung vitamin A)
  10. keju cheddar
  11. minyak kelapa

Suplemen Kapsul vitamin A


Meskipun vitamin A banyak terdapat di dalam kuliner sebagaimana yang disebutkan, masih banayk anak yang belum tercukupi kebutuhan vitamin A -nya. Menurut aneka macam sumber, setengah dari jumlah anak di Indonesia tidak mendapat cukup vitamin A dari kuliner yang dikonsumsinya.

Karena pentingnya vitamin A dalam menjaga perkembangan dan pertumbuhan anak, maka kebutuhan tersebut haruslah terpenuhi. Biasanya setiap bulan Februari dan Agustus di Posyandu terdapat proteksi perhiasan kapsul vitamin A gratis untuk bayi dibawah lima tahun (balita) dan ibu pascamelahirkan (masa nifas) sebagai berikut.
  1. Untuk anak umur 6-11 bulan akan diberikan kapsul Vitamin A berwarna biru (dosis 100.000 IU) sebanyak 1 kali dalam setahun
  2. Untuk anak umur 1- 5 Tahun akan diberikan kapsul Vitamin A berwarna Merah (dosis 200.000 IU) sebanyak 2 kali dalam setahun
  3. Biasanya, Vitamin A kapsul merah juga diberikan kepada ibu yang gres melahirkan (dalam masa nifas).

Kekurangan vitamin A terjadi bukan hanya lantaran kurang mengkonsumsi kuliner yang mengandung vitamin A ataupun kurangnya konsumsi perhiasan vitamin A. Namun bisa juga disebabkan oleh gangguan absorpsi badan terhadap vitamin A menyerupai penyakit pankreas dan diare kronik, atau gangguan fungsi kelenjar tiroid yang menciptakan badan tidak bisa merubah provitamin A menjadi vitamin A, dan terakhir mungkin juga lantaran kerusakan hati.



Selain itu, yang perlu juga diperhatikan yaitu bahwa konsumsi vitamin A juga dilarang berlebih. Ini dikarenakan vitamin A secara alami tidak sanggup dibuang kembali sehabis masuk ke dalam tubuh. Ini bisa mengakibatkan penebalan kulit dan gangguan ginjal. Untuk itu konsumsilah perhiasan vitamin A secara sempurna sesuai dengan tawaran yang diberikan oleh dokter, bidan atau tenaga kesehatan.
Baca juga: Vitamin Prenatal: Cara Agar Cepat Hamil dan Hamil Sehat

Demikian artikel berjudul Hal Penting perihal Vitamin A yang Wajib Diketahui yang membahas perihal pentingnya kecukupan vitamin A bagi anak-anak, balita, ibu hamil, maupun orang dewasa. Semoga bisa menambah pengetahuan bagi kita semnua dalam menjaga kesehatan badan dari serangan penyakit dan menurunnya kemampuan penglihatan khususnya.