4 Pantangan Ibu Selama Kurun Nifas

Perawatan ibu bukan hanya ketika ibu hamil dan berhenti ketika melahirkan, namun juga berlanjut hingga dengan masa nifas selesai. Karena banyak juga duduk masalah yang mungkin terjadi pada ibu di masa nifas menyerupai perdarahan, infeksi, eklamsi, dan lainnya. Begitupun pada bayi, dimana pada beberapa masalah terjadi bayi kekurangan gizi alasannya yaitu kurang baik dalam perawatan sesudah dilahirkan.
Sejak persalinan/ melahirkan hingga sekitar 8 ahad (42 hari) sesudah melahirkan / pasca persalinan, kanal produksi ibu hamil berproses hingga kembali menyerupai sebelum hamil. Ini disebut dengan masa nifas. Pada rentang waktu ini, ibu akan mencicipi beberapa perubahan yang sebetulnya normal. Seperti meningkatnya urin dan peningkatan suhu badan hingga dengan 0,5 derajat celcius (tidak lebih dari 38 derajat celcius). Berikut ini 4 pantangan ibu selama masa nifas yang HamilBayi.Com ambil dari Buku KIA dan sumber lainnya:



Pantangan Ibu Nifas 1; Membuang ASI yang pertama keluar (kolustrum)

Pantangan Ibu Selama Nifas yang pertama yaitu membuang kolustrum (ASI yang pertama keluar) alasannya yaitu sangat mempunyai kegunaan untuk kekebalan badan anak.

Pantangan Ibu Nifas 2; Membersihkan payudara dengan alkohol/povidon iodine/obat merah atau sabun

Membersihkan payudara dengan alkohol/povidon iodine / obat merah atau sabun yaitu pantangan bagi ibu selama nifas. Karena pembersih tersebut dapat saja terminum oleh bayi, dan tentunya akan membawa imbas jelek bagi kesehatan dirinya

Pantangan Ibu Nifas 3; Mengikat perut terlalu kencang

Mengikat perut memang disarankan sesudah melahirkan, namun jangan terlalu kencang alasannya yaitu akan menciptakan ibu sesak dan mengurangi nafsu makan. Yang pada alhasil akan menghipnotis prosuksi asi

Pantangan Ibu Nifas 4; Menempelkan daun-daunan pada kemaluan

Daun-daunan belum tentu steril dan mungkin saja justru mengganggu pemulihan jalan lahir pasca persalinan. Menempelkan daun-daunan pada kemaluan meningkatkan potensi iritasi dan bahkan nanah pada kemaluan.

Itulah 4 Pantangan Ibu Selama Nifas yang wajib dihindari Ibu aar ibu lekas pulih dan perkembangan bayi sempurna. Jangan lupa juga untuk kontrol / memeriksakan diri ke bidan, dokter atau tenaga kesehatan lainnya pada masa nifas ini. Tanyakan pada dokter, bidan dan perawat mengenai kondisi kesehatan ibu nifas. Untuk tahu lebih jauh mengenai apa saja yang harus dijaga Ibu di masa nifas, baca juga artikel berikut:

Cara Menjaga Kesehatan Ibu di Masa Nifas
Tanda Penting Pasca Melahirkan
Waspadailah Tanda Bahaya Pasca Persalinan Ini