Tips Terbaik Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus

Artikel Tips Terbaik Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus ini akan membahas mengenai saran-saran untuk orang bau tanah dalam mengasuh anak yang mengalami disabilitas / keterbatasan atau keluarbiasaan, baik fisik, mental-intelektual, sosial, maupun emosional, yang kuat secara signifikan dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya dibandingkan dengan belum dewasa lain yang seusia dengannya. Disebut berkebutuhan khusus alasannya ialah belum dewasa ini memerlukan cara bimbing tersendiri (khusus) semoga nantinya segala sesuatu yang menghambat kemampuan anak untuk berpartisipasi di masyarakat bisa diatasi.
Artikel Tips Terbaik Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus ini akan membahas mengenai saran Tips Terbaik Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus

Berikut ini ialah Tips Terbaik Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus yang HamilBayi.Com ambil dari Buku Panduan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Pendamping (orang tua, keluarga, dan masyarakat), KPPA RI 2013 dan Buku Kesehatan Ibu dan Anak, Kemenkes RI, 2015

Kesehatan Anak dengan Disabilitas

Anak dengan disabilitas ialah anak yang paling rentan terhadap duduk perkara kesehatan karena:
  1. Anak dengan disabilitas lebih berisiko menerima kekerasan dari orang bau tanah ataupun lingkungannya jawaban dari kelainan / gangguan yang dimilikinya.
  2. Anak dengan disabilitas lebih berpotensi mengalami kendala dalam pemenuhan gizi.
  3. Ketidakmampuan Anak dengan disabilitas untuk memelihara kebersihan diri secara berdikari (kebersihan tubuh, kebersihan alat reproduksi dll).
  4. Anak dengan disabilitas cenderung berperilaku berisiko yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

Tanggung Jawab Orang Tua Anak dengan Disabilitas

Karena itulah orang bau tanah dan keluarga anak dengan disabilitas mempunyai tanggung jawab terhadap hal-hal berikut ini.
  1. Melindungi dan memberi rasa kondusif pada anak dengan memperlihatkan kasih sayang, semangat dan motivasi secara optimal
  2. Menyediakan kebutuhan semoga anak sehat, tumbuh dan berkembang secara optimal. Ini termasuk menyerupai menyediakan masakan bergizi seimbang, memeriksakan kesehatan anak secara teratur, memantau tumbuh kembang anak di Puskesmas dan Rumah Sakit, membawa anak ke kemudahan kesehatan apabila anak sakit atau ada gejala kelainan penyerta lainnya, dan menyediakan kemudahan pendukung sesuai dengan kebutuhannya seperti; beling mata, alat bantu, tongkat, sepatu khusus, bangku roda dll.
  3. Melatih kemandirian anak dalam melaksanakan aktifitas sehari hari.

Meskipun anak ialah tanggung jawab dari orang tua, masyarakat atau lingkungan sosial di sekitar anak dengan disabilitas juga harus membantu perkembangannya. Seperti contohnya menyediakan kemudahan lingkungan yang memperhatikan kebutuhan anak dengan disabilitas dan juga tidak melaksanakan diskriminasi / pembedaan perlakuan (negatif) terhadap anak dengan disabilitas, dan lainnya.

Tips Terbaik Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus



Mengasuh anak merupakan kemuliaan bagi orang tua. Saat anak dilahirkan, ia tak berdaya tanpa perawatan dan pengasuhan dari orang tua, baik dalam segi kemampuan eksklusif untuk beraktifitas maupun kemampua sosial dalam masyarakat. Dengan begitu tugas orang bau tanah sangatlah vital dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Baik buruknya perilaku, dan juga bisa tidaknya anak dalam melaksanakan sesuatu sangat bergantung dari bagaimana contoh bimbing anak yang dipakai oleh orang tuanya. Itulah kenapa orang bau tanah harus mengasuh anak dengan penuh kasih sayang sesuai kondisi anak itu sendiri.

Memang terkadang memerlukan kerja keras dan banyak tantangan yang dihadapi dalam mengasuh anak berkebutuhan khusus, apalagi orang bau tanah juga berurusan dengan banyak tekanan lainnya di kawasan kerja maupun di lingkungannya. Lebih lagi terkadang kondisi masyarakat masih kurang mendukung perkembangan anak dengan kebutuhan khusus. Akan tetapi meskipun terdapat bermacam-macam rintangan dan kesulitan, sudah selayaknya orang bau tanah sebisa mungkin memperlihatkan yang terbaik untuk perkembangan dan pertumbuhan anak berkebutuhan khusus.

Dalam mengasuh anak, orang bau tanah harus memperhatikan kemampuan anak, alasannya ialah setiap anak lahir secara unik dan berbeda. Setiap anak mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan orang bau tanah selayaknya menjadi yang paling tahu. Dengan memperlihatkan perlakuan khusus yang sempurna semenjak dini, anak berkebutuhan khusus nantinya dimasa depan sanggup berdikari dan tidak mengalami ketergantungan terhadap orang lain selama hidupnya.

Berikut ini beberapa Tips Terbaik Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus
  1. Orang bau tanah yang mempunyai anak dengan disabilitas harus dengan tulus mendapatkan kondisi disabilitas anak. Bagaimanapun kondisi anak, ia ialah anugerah yang mesti dijaga dan diasuh dengan baik.
  2. Orang bau tanah juga bisa mengikuti aktivitas komunitas orang bau tanah dan organisasi masyarakat sesuai dengan jenis disabilitas anak semoga pengetahuan mengenai cara mengasuh anak dengan disabilitas sanggup bertambah.
  3. Selain itu, cari tahu mengenai pengalaman orang bau tanah yang berhasil merawat dan mengasuh anak dengan disabilitas sehingga bisa berdikari dan bahkan membawa manfaat kebaikan bagi masyarakat luas. Mengenai perawatan kesehatan anak disabilitas tanyakan lebih lanjut kepada bidan / perawat / dokter di kemudahan pelayanan kesehatan.

Demikian artikel Tips Terbaik Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus yang sanggup disampaikan. Semoga sanggup membantu orang bau tanah yang mempunyai anak dengan disabilitas semoga bisa mengasuh anaknya hingga menjadi berdikari dan juga bisa mendatangkan manfaat baik bagi masyarakat secara umum.

Baca Juga:
Sejarah Hari Disabilitas Internasional dan UU Penyandang Disabilitas
Pengertian Disabilitas Terlengkap berdasarkan WHO, PBB, KBBI, dan Lainnya
Jenis dan Klasifikasi Pola Asuh Anak Disabilitas