Cara Menyusui Bayi Gres Lahir Yang Baik Dan Benar

Artikel HamilBayi.Com berjudul Cara Terbaik Menyusui Bayi gres lahir yang baik dan benar ini akan memuat wacana cara menyusui bayi gres lahir, bayi besar, atau bayi kembar yang baik dan benar dengan posisi sambil tidur, duduk, maupun setengah berbaring dengan sumbangan suami ataupun sendiri. Secara terang termuat dalam pembahasan Hal penting untuk ibu menyusui bayi bayi gres lahir, Posisi & pelekatan yang sempurna ketika menyusui, Posisi Ibu yang sempurna ketika menyusui bayi dengan ASI, Manfaat pelekatan yang baik ketika ibu menyusui bayi, Manfaat isapan bayi yang baik bagi ibu dan bayi, dan Tanda-tanda isapan bayi yang baik.

Cara Terbaik Menyusui Bayi gres lahir yang baik dan benar Cara Menyusui Bayi Baru Lahir yang Baik dan Benar
Cara Menyusui Bayi Baru Lahir yang Baik dan Benar | Image © pixabay

Hal penting untuk ibu menyusui bayi bayi gres lahir

Sebelum menyusui, ibu harus mencuci tangan dengan sabun & air higienis yang mengalir. Kebersihan menjaga kemungkinan bayi terinfeksi oleh virus maupun kuman yang berasal dari luar.

Guna memastikan bayi cukup asi, berikan ASI pada bayi sesering mungkin sebagaimana yang bayi inginkan (minimal 8 kali sehari). Selain itu, bangunkan dan susui jikalau si kecil tidur lebih dari 3 jam. Ibu juga harus menyusui bayi dengan ASI hingga payudara terasa kosong, gres lalu pindah ke payudara sisi yang lain. Dan jikalau bayi sudah kenyang namun payudara masih terasa penuh / kencang, perah ASI untuk disimpan supaya payudara terus memproduksi ASI.

Posisi & pelekatan yang sempurna ketika menyusui

  • Pastikan posisi ibu berada dalam posisi ternyaman
  • Kepala & tubuh bayi sebaiknya sejajar lurus supaya bayi juga merasa nyaman
  • Wajah bayi menghadap payudara, dan hidung berhadapan dengan puting.
  • Ibu harus memeluk tubuh bayi sedekat mungkin.
  • Pada bayi gres lahir hingga dengan sekitar usia 6 bulan, Ibu harus menyangga seluruh tubuh bayi terutama bab kepala hingga dengan paha.
  • Pastikan bahwa sebagian besar areola (bagian hitam disekitar puting) telah masuk ke dalam lisan bayi dikala menyusui.
  • Ibu harus membantu bayi supaya lisan bayi terbuka lebar dengan bibir bawah melengkung ke luar, & dagu bersandar pada payudara ibu.

Posisi Ibu yang sempurna ketika menyusui bayi dengan ASI

  • Ibu harus mencari posisi duduk dengan nyaman dan santai, serta menatap bayi untuk memperlihatkan kasih sayang ibu kepada bayi. Punggung ibu haruslah bersandar pada sesuatu yang tetap & kaki juga tidak menggantung.
  • Hadapkan seluruh tubuh bayi ke perut ibu. Perut bayi melekat pada tubuh ibu, dengan pendengaran & lengan bayi lurus.
  • Posisi kepala & tubuh bayi haruslah berada dalam garis lurus. Dimana seluruh tubuh bayi ditopang dengan dipeluk erat melekat tubuh ibu, dan bayi erat dengan payudara serta hidung berhadapan dengan puting.
  • Jika usia bayi sudah cukup, letakkan kepala bayi pada lengan tangan ibu & bokong bayi di atas pangkuan ibu.
  • Jika ibu dikaruniai bayi kembar, kedua bayi sanggup disusui secara bersamaan dengan posisi menyilang atau disangga di bawah ketiak ibu.
  • Jika ibu menyusui sambil berbaring dengan nyaman & santai, punggung harus disangga dengan bantal, terlihat tanda bonding. Dimana posisi tubuh ibu miring menghadap bayi.

Manfaat pelekatan yang baik Ketika ibu menyusui bayi

  1. Memastikan bayi mengisap asi dari payudara ibu dengan baik
  2. Membantu memperbanyak dan melancarkan produksi ASI Ibu untuk mencukupi kebutuhan bayi
  3. Mengurangi kemungkinan puting sakit & retak
  4. Membuat proses menyusui lebih nyaman baik pada ibu maupun bayi

Manfaat isapan bayi yang baik bagi ibu dan bayi

  1. Isapan yang efektif membantu produksi asi yang dihasilkan lebih banyak dan lebih berkualitas
  2. Memastikan bayi merangsang produksi asi pada kedua payudara
  3. Memastikan bayi mendapat asupan asi yang paling bergizi dan merasa kenyang

Tanda / Ciri-Ciri bayi menghisap ASI dengan baik

  • Bayi mengisap asi secara perlahan namun dalam, dan terkadang berhenti (akan terdengar bunyi bayi menelan asi sesudah satu-dua isapan, dan isapan itu tidak menciptakan ibu kesakitan)
  • Pipi bayi membulat dan mengempis sewaktu mengisap asi
  • Setelah bayi final menyusu dan melepaskan puting susu, ia akan terlihat puas & rileks. Sementara ibu akan mencicipi payudara yang lembut dan kosong.
  • Ibu mencicipi gejala refleks oksitosin (payudara yang tidak diisap terasa keluar ASInya)

Demikianlah artikel HamilBayi.Com bertajuk Cara Terbaik Menyusui Bayi gres lahir yang baik dan benar ini yang memuat wacana Hal penting untuk ibu menyusui bayi bayi gres lahir, Posisi & pelekatan yang sempurna ketika menyusui, Posisi Ibu yang sempurna ketika menyusui bayi dengan ASI, Manfaat pelekatan yang baik ketika ibu menyusui bayi, Manfaat isapan bayi yang baik bagi ibu dan bayi, dan Tanda-tanda isapan bayi yang baik. Semoga sanggup menambah pengetahuan kita semua dan membantu sahabat HamilBayi.Com yang gres saja mendapat berkah dengan menjadi seorang ibu.