12+2 Ciri Hamil Muda; Tanda Awal Kehamilan

Sahabat HamilBayi.Com mungkin sedang mencari tahu ciri-ciri hamil muda yang dibahas lengkap dengan tanda kehamilan ektopik (diluar kandungan) dan kehamilan anggur semenjak hari pertama sesudah berhubungan. Untuk itu artikel Tanda Awal Ciri Kehamilan 1 Minggu Pertama Setelah Berhubungan ini akan memuat 10 Ciri Hamil Muda yang berupa tanda / tanda-tanda / ciri fisik dan non fisik yang mungkin menandakan bahwa ibu sedang mengandung bayi.

Untuk mengetahui apakah hamil atau tidak, tentu cara terbaik berdasarkan medis ialah dengan melaksanakan tes kehamilan. Tes kehamilan termudah dan paling terkenal ialah dengan memakai tes pack urin. Test kehamilan dengan memakai test pack sebaiknya dilakukan pada pagi hari, biar urin benar-benar dalam kondisi yang sanggup mengatakan hasil akurat. Baca petunjuk pemakaian pada test pack tersebut untuk menggunakannya. Biasanya, tanda hamil faktual ialah dengan munculnya 2 garis, sementara bila kehamilan negatif hanya muncul 1 garis saja.

Selain itu kehamilan juga sanggup diketahui secara akurat dengan memakai USG (ultrasonografi). Cara ini memang tidak terkenal lantaran biayanya yang cukup tinggi. Namun dengan memakai USG didapatkan diagnosis dan konfirmasi awal kehamilan.yang akurat dan banyak informasi yang berguna. Seperti melihat posisi dan kondisi plasenta, menyelidiki denyut jantung janin, mengetahui hamil bayi kembar, mengetahui usia kehamilan dan berat janin dalam kandungan, diagnosa kelainan janin semenjak dini, mengetahui jumlah cairan ketuban, dan mengetahui jenis kelamin bayi.

Ciri Hamil Muda; Tanda Awal Kehamilan

ciri hamil muda yang dibahas lengkap dengan tanda kehamilan ektopik  12+2 Ciri Hamil Muda; Tanda Awal Kehamilan
Selain kedua tes tersebut, kehamilan juga mempunyai tanda perubahan khusus pada perempuan hamil yang mungkin merupakan tanda-tanda awal yang mengatakan kehamilan. Gejala ini menyerupai dengan apa yang terjadi sebelum dan selama menstruasi, dimana gejalanya tidak terjadi pada semua perempuan hamil. Karena setiap cewek berbeda, tidak semua perempuan mempunyai tanda-tanda yang sama atau bahkan tanda-tanda yang sama dari satu kehamilan ke yang selanjutnya.

Berikut ialah deskripsi yang menjelaskan beberapa tanda-tanda awal yang paling umum ditemui sebagai tanda kehamilan. Sahabat harus tahu bahwa gejala-gejala ini mungkin disebabkan oleh hal-hal lain selain hamil. Kaprikornus faktanya ialah kita sanggup saja melihat beberapa tanda-tanda ini pada perempuan yang tidak hamil. Satu-satunya cara paling akurat untuk tahu niscaya ialah dengan tes kehamilan. Tanda awal ciri kehamilan 1 ahad pertama sesudah berafiliasi diantaranya adalah:

1. Tidak mens / haid menyerupai biasanya (tidak menstruasi pada siklus haid bulan berikutnya)



Gejala awal yang paling terang dari kehamilan (dan merupakan pemicu sebagian besar perempuan untuk tes kehamilan) ialah tidak mens / haid sebagaimana biasanya. Namun begitu, tidak semua kondisi terlambat atau tidak tiba bulan merupakan membuktikan hamil. Tapi sanggup saja disebabkan selain oleh kehamilan, menyerupai bertambahnya atau berkurangnya berat tubuh secara drastis. Atau sanggup juga lantaran berhenti minum pil KB, persoalan hormonal, kelelahan, stres, atau kemungkinan lain. Sebagai rekomendasi, tes kehamilan ialah langkah yang sempurna bila ibu terlambat atau tidak tiba bulan untuk mengetahui ciri hamil yang niscaya akurat.

2. Bercak Darah dan Keram Perut / Sakit Perut

Beberapa hari sesudah pembuahan, telur yang telah dibuahi melekat pada dinding rahim. Ini sanggup mengakibatkan tanda awal kehamilan menyerupai bercak darah dan kram. Bercak darah ini disebut dengan pendarahan implantasi, yaitu pendarahan yang disebabkan oleh proses implantasi calon janin anda ke dinding rahim, yang terjadi pada enam hingga 12 hari sesudah sel telur dibuahi. Gejala ini jarang terjadi pada perempuan hamil. Sementara rasa keram menyerupai dengan kram ketika menstruasi, sehingga beberapa perempuan menduga keram dan pendarahan ialah penanda mulainya periode tiba bulan.

Perempuan sanggup mengalami beberapa perdarahan selama kehamilan. Jika faktual hamil dan mengalami pendarahan, tanyakan kepada bidan atau dokter mengenai apakah itu normal atau merupakan tanda darurat.

3. Keputihan

Selain perdarahan, ciri hamil berikutnya ialah mengalami keputihan. Ini dikarenakan peningkatan pertumbuhan sel yang melapisi vagina (penebalan dinding vagina) yang dimulai segera sesudah pembuahan. Keputihan sanggup saja terus berlanjut sepanjang kehamilan, dan biasanya tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan. Tetapi bila keputihan beriringan dengan bau tidak sedap dan rasa terbakar dan gatal, segera beritahu bidan atau dokter sehingga mereka sanggup menyelidiki apakah ibu hamil mengalami infeksi bakteri.

4. Perubahan Payudara

Perubahan payudara ialah tanda awal kehamilan lainnya. Kadar hormon seorang perempuan cepat berubah sesudah pembuahan. Karena itu payudara mungkin membesar (bengkak), sakit, atau terasa geli dua ahad semenjak kehamilan. Atau payudara mungkin terasa lebih berat atau lebih penuh atau merasa sensitif ketika disentuh. Puting juga akan membesar, dan tempat sekitar puting (disebut areola) mungkin juga bermetamorfosis gelap. Perubahan bentuk payudara ini dikarenakan pembesaran kelenjar air susu dan menyimpan lemak sebagai persiapan menyusui.

Hal-hal lain juga sanggup mengakibatkan perubahan payudara. Namun bila perubahan itu ialah ciri awal kehamilan, tanda-tanda ini akan berlangsung beberapa ahad hingga ibu hamil terbiasa dengan tingkat hormon baru. Dan seharusnya nyeri pada payudara seiring berjalan waktu akan mereda.

5. Kelelahan dan Mengantuk


Merasa sangat lelah dan bahkan pingsan ialah normal pada kehamilan dini. Ini sanggup dikatakan sebagai ciri kehamilan dini atau awal 1 ahad / seminggu pertama hingga dengan 2 ahad yang niscaya terang terasa dan terlihat sebelum telat menstruasi / haid. Seorang perempuan sanggup mulai merasa lelah luar biasa selama satu ahad sesudah hamil. Ini dikarenakan hormon-hormon (misalnya progesteron) yang berkembang secara pesat. Selain itu juga hal-hal lain menyerupai tingkat gula darah dan tekanan darah yang lebih rendah, dan kebutuhan sumber daya untuk pertumbuhan janin, beserta hal lainnya yang mungkin berkontribusi mengakibatkan imbas lelah sebagai tanda-tanda kehamilan. Jika faktual hamil dan mengalami kelelahan, penting untuk mendapat banyak istirahat dan mengkonsumsi masakan yang kaya protein dan zat besi untuk mengimbangi itu.

6. Morning Sickness (Mual, muntah dan pusing / sakit kepala)

Meskipun tidak setiap perempuan hamil mengalaminya, Morning sickness ialah ciri hamil yang juga populer. Penyebab niscaya dari morning sickness tidak diketahui, tetapi hormon-hormon kehamilan mungkin berkontribusi terhadap tanda-tanda ini. Mual selama kehamilan sanggup terjadi pada setiap ketika sepanjang hari, tetapi paling sering di pagi hari.

7. Mengidam

Ciri Hamil Muda (tanda tanda awal kehamilan) berikutnya ialah mengidam. Beberapa perempuan juga ingin masakan tertentu yang tidak biasa (biasa disebut “ngidam”). Ngidam berkaitan dengan imbas perubahan hormonal yang begitu berpengaruh sehingga bahkan pikiran ibu hamil mengenai apa yang ingin dimakan. Ada kemungkinan bahwa mual, ngidam, dan enggan untuk masakan (kurang nafsu makan) berlangsung selama kehamilan. Untungnya, tanda-tanda ini berkurang pada sekitar usia kehamilan 13 atau 14 minggu. Meskipun ada rasa ngidam dan rasa enggan untuk memakan sesuatu, pastikan makan masakan yang sehat sehingga perkembangan kehamilan dan bayi mendapat nutrisi penting yang dibutuhkan. Konsultasikan dengan bidan atau dokter mengenai hidangan sehat untuk ibu hamil.

8. Sering Buang Air kecil

Seiring perkembangan kehamilan, rahim akan semakin besar dan menghimpit kandung kemih. Inilah yang mengakibatkan ibu hamil biasanya akan lebih sering buang air kecil ke kamar mandi ketimbang biasanya.

9. Meningkatnya Berat Badan dan Suhu Tubuh

Peningkatan berat tubuh sanggup merupakan ciri hamil lantaran adanya pembesaran rahim dan beberapa penggalan dari tubuh ibu. Berat tubuh ketika hamil bertambah 1,5-2 kg pada Trimester-1, 4-6 kg pada Trimester-2, dan 6-8 kg pada Trimester-3. Sehingga total kenaikan berat tubuh selama kehamilan kurang lebih antara 11,5 hingga 16 kg. Penambahan berat tubuh ini sedikit banyak meningkatkan suhu basal tubuh lantaran ibu menyimpan lemak di penggalan payudara untuk produksi asi nantinya. Selain dikarenakan penambahan berat, naiknya suhu basal tubuh ibu hamil juga dikarenakan semakin sulitnya ibu hamil bergerak lantaran ada perubahan bentuk tubuh.

10. Perubahan pada Kulit

Karena adanya kelebihan pigmen pada penggalan tubuh tertentu, menyerupai pada kedua pipi, sekitar hidung, sekitar puting susu dan aerola mamae, dan di atas tulang kemaluan hingga pusar.

11. Sering meludah

Ciri hamil anak perempuan maupun pria ini memang sangat umum. Perubahan hormon, terutama peningkatan hormon progesteron sanggup meningkatkan produksi liur pada perempuan hamil. Inilah yang mengakibatkan sebagian ibu hamil sering meludah. Ini sama sekali bukanlah ciri hamil yang berbahaya, lantaran peningkatan liur juga mempunyai kegunaan untuk meningkatkan rasa ingin makan pada calon ibu dan juga membantu proses pencernaan.

12. Sembelit

Peningkatan hormon progesteron juga sanggup mengakibatkan sembelit, lantaran otot-otot dinding usus dan rahim mengendur. Ciri hamil berupa sembelit ini memang sangat umum, dan sembelit sanggup saja terjadi lantaran perempuan tidak mengkonsumsi cukup serat. Untuk mengatasi sembelit pada ibu hamil, konsumsi banyak sayuran hijau dan buah segar.

Selain tanda-tanda ciri kehamilan di atas, juga masih terdapat tanda-tanda lain seperti:

13. Penciuman Lebih Sensitif

14. Pada usia kehamilan lebih lanjut sanggup terdengar detak jantung janin.


Demikian artikel Tanda Awal Ciri Kehamilan 1 Minggu Pertama Setelah Berhubungan yang membahas tanda / tanda-tanda / ciri yang mungkin menandakan bahwa ibu sedang mengandung bayi ini. Semoga sanggup membantu sahabat HamilBayi.Com yang sedang mencari tahu ciri-ciri / tanda tanda / membuktikan hamil muda / kehamilan dini atau awal 1 ahad / seminggu pertama hingga dengan 2 ahad yang niscaya terang terasa dan terlihat sebelum telat menstruasi / haid yang dibahas lengkap dengan tanda kehamilan ektopik (diluar kandungan) dan kehamilan anggur semenjak hari pertama sesudah berhubungan, baik hamil anak pria maupun hamil anak perempuan.