Tips Cepat Hamil - Ketahui Kurun Subur Wanita

Bagi sahabat Hamil Bayi yang ingin mencari informasi cara supaya cepat hamil dan mendapat anak ataupun sebaliknya (ingin supaya tidak hamil) perlu mengetahui hitungan masa subur wanita. Mengetahui tanda tanda awal atau pola cara menghitung berapa hari dan kapan masa subur perempuan sebelum maupun setelah perempuan haid / menstruasi ataupun setelah melahirkan sangatlah penting untuk memprediksi kehamilan. Karena prosentase kemungkinan untuk hamil meningkat drastis pada masa subur perempuan. Begitupun sebaliknya, apa hitungan masa tidak subur perempuan sehingga pada waktu itu relasi seks sementara tidak diharapkan bagi yang ingin cepat hamil, dan relasi seks justru sebaiknya dilakukan bagi yg tidak ingin hamil lagi. Terlebih pada perempuan kesuburan dan kemampuan untuk melaksanakan kelahiran akan terus menurun seiring bertambahnya usia, dan sebagian besar hanya hingga umur / di usia 40. Terdapat beberapa cara untuk mengetahui masa subur yang akurat, yaitu dengan kalender menstruasi, memperhatikan lendir serviks, termometer digital, kalkulator kesuburan, dan dengan alat uji masa subur. Artikel Tips Cepat Hamil - Ketahui Masa Subur Wanita ini akan menjabarkan 5 cara menghitung masa subut tersebut.

Kehamilan didasarkan pada serangkaian proses yang sangat rumit. Sel telur mempunyai kesempatan untuk dibuahi ketika perempuan berovulasi (momen pelepasan sel telur dari ovarium). Setiap bulan hormon pelutein (luteinizing hormone / LH / lutropin) dari kelenjar pituitari meningkat signifikan sesaat sebelum terjadinya ovulasi dan merangsang ovarium untuk pelepasan sel telur keluar dari ovarium menuju tuba falopi (lokasi terjadinya pembuahan sel telur oleh sperma). Dan kalau sel telur dibuahi, sahabat akan hamil!
 yang ingin mencari informasi cara supaya cepat hamil dan mendapat anak ataupun sebalikny Tips Cepat Hamil - Ketahui Masa Subur Wanita

Memprediksi Masa Subur Wanita (Ovulasi) supaya Cepat Hamil

Bagi perempuan dengan siklus haid teratur akan lebih gampang menghitung masa suburnya. Umumnya berovulasi dua ahad sebelum kedatangan periode haid. Sebagai pola kalau siklus haid ialah 28 hari, dengan hari pertama haid di tanggal 5 Juli. Hitunglah kapan hari ke-12 dan kapan hari ke-16. Dalam pola kasus, itu jatuh pada tanggal 16 Juli dan 20 Juli. Maka masa subur sahabat ialah 16 hingga 20 Juli.

Bagi yang siklus haidnya tidak teratur, memprediksi ovulasi sedikit lebih sulit. Ada beberapa metode perempuan sanggup dipakai untuk membantu memilih hari paling subur mereka setiap bulan. Berikut ini cara memprediksi masa subur, dari yang paling sederhana hingga yang paling akurat.

1. Mengetahui masa subur dengan kalender

 yang ingin mencari informasi cara supaya cepat hamil dan mendapat anak ataupun sebalikny Tips Cepat Hamil - Ketahui Masa Subur Wanita
Cara termudah memperkirakan masa subur ialah dengan memperhatikan siklus datangnya dan periode menstruasi setiap bulan. Selama beberapa bulan, gunakan kalender untuk menandai hari dimulainya haid serta periode menstruasi. Cari tahu / perkirakan kapan hari periode berikutnya mungkin akan mulai. (Jika periode haid sangat tidak teratur, metode ini tidak akan bekerja untuk Anda). Ovulasi sering terjadi sekitar hari ke 14 dari siklus menstruasi, meskipun waktu yang sempurna sanggup bervariasi pada perempuan atau bahkan selalu berubah dari bulan ke bulan. Masa subur sahabat ialah 2 hari sebelum dan 2 hari setelahnya (rentang lima hari).

2. Perkiraan masa subur dengan memperhatikan perubahan lendir serviks



Mengetahui masa subur supaya cepat hamil setelah menstruasi (haid) juga sanggup dilakukan dengan memperhatikan perubahan lendir serviks. Sahabat harus secara teratur menyidik antara jumlah dan penampilan lendir serviks di vagina. Tepat sebelum ovulasi, kalau sahabat memperhatikannya, mungkin terlihat peningkatan cervical mucus (sekresi lendir vagina yang licin, lentur, elastis, dan ibarat putih telur mentah yang jelas/mirip keputihan). Jika sahabat mengambil dan merenggangkan cervical mucus dengan dua jadi tidak akan terputus alasannya ialah bersifat elastis. Lendir ini juga mempunyai kegunaan untuk mempermudah usaha sperma mencapai sel telur. Sementara setelah ovulasi, dimana kemungkinan hamil sangat tipis, lendir akan lebih tebal atau hilang sepenuhnya.

Selain keputihan, beberapa perempuan juga mencicipi kram ringan atau rasa sakit mirip kedutan di perut atau sakit punggung satu sisi sekitar area bawah perut tepatnya di bab otot rahim sewaktu ovulasi. Sensasi ini dikenal sebagai mittelschmerz. Beberapa perempuan juga mengalami perubahan emosi ketika masa subur, contohnya menjadi gampang murka dan moody. Perubahan hormon juga umumnya meningkatkan gairah seksual.

 yang ingin mencari informasi cara supaya cepat hamil dan mendapat anak ataupun sebalikny Tips Cepat Hamil - Ketahui Masa Subur Wanita
Singkatnya, kalau sahabat mencicipi lendir keluar dari vagina lebih banyak, lebih tipis, lebih terperinci dan lebih licin dari biasanya, itu berarti sahabat sedang berada pada puncak masa subur dan menjadi ketika yang paling sempurna untuk melaksanakan relasi seks. Sebagaimana hasil penelitian yang diterbitkan jurnal Fertility and Sterility, ditemukan bahwa perempuan yang menyidik lendir serviks secara konsisten mempunyai kemungkinan hamil dalam waktu enam bulan 2 hingga 3 kali lebih tinggi dibanding yang tidak.

3. Prediksi masa subur dengan suhu badan basal (menggunakan termometer digital)

 yang ingin mencari informasi cara supaya cepat hamil dan mendapat anak ataupun sebalikny Tips Cepat Hamil - Ketahui Masa Subur Wanita
Ovulasi sanggup menjadikan sedikit peningkatan suhu badan basal (suhu badan terendah dalam periode 24 jam yang didapatkan ketika sepenuhnya beristirahat). Untuk memantau suhu badan basal, gunakan termometer digital yang khusus dirancang untuk mengukur suhu badan basal. Tes suhu badan setiap pagi sebelum beranjak dari kawasan tidur dan buat pola suhu badan basal dengan kertas grafik untuk menemukan polanya. Jika sahabat memperhatikan tanda masa subur ini dan mencatatnya setiap hari, mungkin akan terlihat pola yang sanggup membantu memprediksi kapan ovulasi berikutnya. Biasanya pola akan lebih akurat kalau sahabat telah memperhatikan 3 periode menstruasi.

Masa subur ialah selama dua hingga tiga hari sebelum suhu badan naik lebih tinggi dari biasanya (biasanya kurang dari 0,4°-1° Fahrenheit / 0,3-0,5 derajat Celcius). Suhu badan normal berkisar antara 35,5° - 36° Celcius. Di masa ovulasi suhu badan naik menjadi 36,5°-38° Celcius, dan ini ialah waktu yang sempurna untuk melaksanakan relasi seksual supaya cepat hamil.

4. Mengetahui masa subur dengan Kalkulator Kesuburan

 yang ingin mencari informasi cara supaya cepat hamil dan mendapat anak ataupun sebalikny Tips Cepat Hamil - Ketahui Masa Subur Wanita
Tersedia banyak kalkulator kesuburan yang sanggup sahabat download gratis ataupun gunakan eksklusif di situs webnya. Sahabat “googling” saja dengan kata kunci “kalkulator kesuburan”, “kalkulator masa subur”, atau dalam bahasa inggris “ovulation calculator”, niscaya ketemu.

Biasanya sahabat diminta untuk memasukkan tanggal haid terakhir dan juga periode haid setiap bulan, dan kalkulator masa subur nantinya akan memberitahu kemungkinan masa subur sahabat. Cara kerja kalkulator masa subur ini sebetulnya sangat sederhana, sama dengan cara mengetahui masa subur dengan kalender untuk cepat hamil sebagaimana disebutkan di atas.

5. Ketahui masa subur dengan alat tes



Jika sahabat masih belum yakin dengan gejala masa subur secara manual, sahabat sanggup memakai ovulation kit test / alat prediksi ovulasi / alat uji masa subur. Alat uji masa subur merupakan cara paling gampang dan mudah dan sangat akurat untuk mendeteksi masa subur maupun kesuburan pada perempuan dan laki-laki / laki-laki / suami. Cara kerjanya aedalah dengan menguji urine (ataupun air liur/ludah) memakai stik test, apakah terjadi lonjakan hormon pelutei (LH) sebelum ovulasi. Alat uji masa subur sanggup mengidentifikasi waktu yang paling mungkin ovulasi atau bahkan memperlihatkan sinyal sebelum ovulasi benar-benar terjadi.

 yang ingin mencari informasi cara supaya cepat hamil dan mendapat anak ataupun sebalikny Tips Cepat Hamil - Ketahui Masa Subur Wanita
Harga alat tes masa subur perempuan di apotik ataupun online berkisar pada puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Ada yang melaksanakan test air seni / urine / kencing (biasanya sekali pakai) atupun air liur / ludah (biasanya bisa dipakai berkali-kali setelah dibersihkan).

Sahabat nantinya akan mendapat hasil uji dengan tanda tertentu, yang menyatakan sedang berada pada masa subur atau tidak. Banyak yang menyampaikan bahwa waktu yang paling sempurna untuk melaksanakan tes kesuburan ialah antara pukul 11.00 – 15.00 WIB atau 17.00 – 22.00 WIB. Untuk hasil yang paling akurat, baca dengan seksama dan hati-hati petunjuk cara memakai alat tes masa subur pada kemasan, alasannya ialah setiap alat bisa saja berbeda-beda. Biasanya, sebagaimana diungkap American Pregnancy Association, tiga hari setelah hasil tes positif ialah waktu terbaik bagi pasangan untuk bekerjasama seks untuk meningkatkan peluang untuk hamil.

Baca juga artikel 12+2 Ciri Hamil Muda; Tanda Awal Kehamilan untuk mengetahui gejala kehamilan dini / tanda hamil awal setelah bekerjasama hari pertama 1 hari yang niscaya di ahad pertama baik dengan tes kehamilan maupun melihat perubahan biologis maupun psikologis calon ibu.

Demikian artikel Ketahui Masa Subur Wanita supaya Cepat Hamil yang memuat 5 cara memprediksi masa subur dari yang paling sederhana hingga yang paling akurat, yaitu dengan kalender, perubahan lendir serviks (keputihan), perubahan suhu basal tubuh, kalkulator masa subur, dan alat test masa subur. Semoga sanggup membantu sahabat Hamil Bayi supaya cepat hamil ataupun membantu sahabat untuk menjaga jarak kehamilan untuk kehamilan yang sehat dan bayi pintar.