Hamil Sehat Bayi Sehat Cerdas

Hamil Sehat, bugar, senang dan tetap bagus tentu kondisi menyenangkan yang diidamkan semua orang. Untungnya, masa kehamilan merupakan ketika yang sempurna bagi ibu hamil untuk mulai merawat dengan baik diri sendiri baik secara fisik dan emosional. Artikel yang hamilbayi.com sadur dari BabyCentre ini akan mengulas beberapa tips sehat ibu hamil terbaik dengan cara yang sederhana. Yang diharapkan sanggup membantu sobat hamilbayi.com dalam menjaga kondisi kesehatan kehamilan, sehingga kehamilan bebas dari dilema dan bayi sehat (hamil sehat bayi sehat).

1. Kunjungi dokter atau bidan sesegera mungkin

 senang dan tetap bagus tentu kondisi menyenangkan yang diidamkan semua orang Hamil Sehat Bayi Sehat Cerdas
Segera sehabis sobat mengetahui kehamilan, secepatnya kunjungi dokter atau bidan untuk mengatur perawatan antenatal. Mengatur perawatan semenjak awal berarti sobat akan mendapat nasihat yang baik untuk kehamilan yang sehat semenjak awal, terlebih jikalau hamil berlangsung di usia ibu 40 tahun. Sahabat juga akan mempunyai banyak waktu untuk mengatur agenda scan ultrasound dan tes yang mungkin diperlukan.

2. Memilih kuliner ibu hamil yang sehat dengan baik

Ketika menentukan makanan, Ibu hamil harus mempertimbangkan diet seimbang yang sehat kapanpun dan sebisa mungkin. Cobalah untuk mengkonsumsi:
  • Setidaknya lima porsi buah dan sayuran setiap hari.
  • Banyak karbohidrat, menyerupai roti, pasta dan nasi, sebagai dasar kuliner Anda. Pilih karbohidrat gandum bukan berwarna putih, sehingga mendapat lebih banyak serat.
  • Porsi harian seimbang yang mengandung protein, menyerupai ikan, tanpa lemak daging, telur, kacang-kacangan, dan susu ataupun produk susu.
  • Dua porsi ikan dalam seminggu, setidaknya salah satunya harus berminyak. Ikan dikemas dengan protein, vitamin D, mineral dan asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 yang penting bagi perkembangan sistem saraf bayi.

Ibu Hamil tidak perlu makan untuk dua orang di masa kehamilan. Ibu hamil tidakmemerlukan ekstra kalori untuk enam bulan pertama kehamilan. Sementara trimester ketiga (tiga bulan terakhir), barulah ibu hamil akan membutuhkan sekitar 200 kalori ekstra perhari. Ibu hamil juga sanggup menjaga tingkat energi dengan cemilan sehat.

Baca juga Nutrisi Kehamilan: 11 Pantangan Makanan Minuman Ibu Hamil

3. Konsumsi suplemen

Suplemen vitamin kehamilan bukanlah pengganti untuk diet seimbang. Tapi pemanis sanggup membantu jikalau ibu hamil mempunyai kekhawatiran bahwa kuliner yang dikonsumsi tidaklah cukup sehat dan baik, atau ketika kondisi ibu hamil sedang sakit untuk makan lebih banyak. Suplemen yang dikonsumsi sebaiknya mengandung 400 mikrogram (mcg) asam folat yang dibutuhkan ibu hamil dan bayi dalam kandungan pada tiga bulan pertama kehamilan. Konsumsi asam folat akan mengurangi risiko bayi terkena neural tube defect menyerupai spina bifida. Selain itu, pemanis sebaiknya juga mengandung 10mcg dari vitamin D. Vitamin D penting bagi kesehatan tulang bayi di masa depan.

Konsultasikan dengan bidan, dokter atau apoteker sebelum mengambil pemanis antenatal. Jika sobat tidak mengkonsumsi multivitamin khusus perempuan hamil, sobat sanggup membeli asam folat dan pemanis vitamin D secara terpisah. Jika sobat termasuk masyarakat berpenghasilan rendah, jangan khawatir. Karena biasanya di puskesmas maupun posyandu dan pos pelayanan kesehatan lainnya menyediakan pemanis vitamin kehamilan gratis, meskipun tidak semua vitamin yang dibutuhkan tersedia. Baca selengkapnya mengenai Vitamin Prenatal: Cara Agar Hamil Sehat

Jika sobat tidak makan ikan, pemanis minyak ikan sanggup membantu. Pilih pemanis yang terbuat dari tubuh ikan, bukan hati ikan. Karena minyak hati ikan (seperti minyak ikan cod) mungkin berisi bentuk retinol vitamin A, yang tidak dianjurkan pada kehamilan.

5. Selalu perhatikan kebersihan makanan

Beberapa kuliner yang kondusif ketika tidak hamil menjadi tidak baik untuk dikonsumsi selama kehamilan. Ini lantaran kuliner tersebut sanggup membawa risiko kesehatan bagi bayi. Listeriosis ialah jerawat yang disebabkan oleh basil listeria. Meskipun langka dan biasanya tidak menimbulkan ancaman bagi kesehatan, listeriosis sanggup menimbulkan kehamilan atau kelahiran komplikasi. Listeriosis bahkan sanggup menimbulkan keguguran. Makanan berikut mungkin daerah berlabuhnya basil listeria dan sebaiknya dihindari:
  • susu yang tidak dipasteurisasi
  • Daging siap saji yang tidak dimasak
  • Keju brie, roquefort, dan lainnya

Bakteri listeria sanggup mati lantaran panas, pastikan kuliner dimasak hingga betul-betul matang secara menyeluruh. Sementara Salmonella sanggup menimbulkan keracunan makanan, yang sanggup ditularkan melalui unggas matang. Begitupula hindari telur setengah matang selama kehamilan.

Pastikan juga sobat mencuci peralatan, baju dan tangan sehabis memegang unggas mati ataupun hidup. Kebersihan kuliner terutama sangat penting selama hamil, lantaran virus Toksoplasmosis ialah jerawat yang disebabkan oleh parasit. Ini juga jarang terjadi, tetapi sanggup mempengaruhi bayi yang belum lahir. Anda sanggup mengurangi risiko Anda menangkap dengan:
  • memasak daging dan kuliner siap saji hingga benar-benar matang secara menyeluruh
  • mencuci buah dan sayuran dengan baik untuk menghilangkan tanah atau kotoran
  • mengenakan sarung tangan ketika menangani kotoran kucing dan tanah kebun
Baca juga artikel Bahaya Bakteri Listeria Monocytogenes – Listeriosis dan Meningitis

5. Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur akan mendatangkan banyak manfaat bagi calon ibu lantaran dapat:
  1. Membangun kekuatan dan daya tahan, yang mempunyai kegunaan bagi ibu hamil untuk mengatasi dengan lebih baik berat tubuh ekstra selama kehamilan dan kerja keras ketika persalinan / melahirkan nantinya.
  2. Memudahkan ibu untuk mengembalikan bentuk tubuh sehabis bayi lahir.
  3. Meningkatkan semangat dan membantu menangkal depresi.
Namun begitu, tidak semua olahraga baik untuk kesehatan ibu hamil. Beberapa pilihan olahraga yang baik untuk kehamilan ialah seperti
  • jalan cepat
  • renang
  • kelas aquanatal
  • yoga
  • pilates
Ibu hamil sanggup terus berolahraga selama masih terasa nyaman. Jika olahraga tertentu berisiko jatuh atau mengalami benturan, atau menekan sendi terlalu berat, jalan yang terbaik ialah berhenti melakukannya. Konsultasikan dengan bidan atau dokter jikalau kurang atau tidak yakin untuk melaksanakan olahraga tertentu.

6. Mulai latihan dasar panggul

Otot-otot di dasar panggul ini menyokong kandung kemih, vagina dan kepingan belakang. Otot-otot tersebut sanggup terasa lebih lemah dari biasanya sebelum kehamilan lantaran adanya tekanan ekstra pada otot-otot tersebut. Hormon-hormon kehamilan juga sanggup menimbulkan panggul sedikit kendur. Otot dasar panggul yang lemah sanggup meningkatkan risiko stres inkontinensia. Yaitu kondisi dimana ketika sedikit kecil urin keluar ketika bersin, tertawa atau berolahraga. Memperkuat otot-otot dengan melaksanakan latihan dasar panggul secara teratur selama kehamilan sanggup membantu. Memiliki dasar panggul yang kuat dan kencang sanggup membantu kelahiran bayi berjalan lebih lancar juga. Ibu hamil akan mencicipi keuntungannya jikalau melaksanakan latihan dasar panggul rutin tiga kali sehari.

7. Kurangi atau berhenti minum alkohol

Tidak ada yang tahu niscaya berapa banyak alkohol yang kondusif untuk diminum ketika Anda sedang hamil, begitupula seberapa cepat mencapai bayi melalui anutan darah dan plasenta. Itu sebabnya banyak hebat menyarankan ibu hamil untuk menghentikan konsumsi alkohol sepenuhnya selama kehamilan, atau setidaknya untuk tiga bulan pertama.

Jika ibu hamil tetapkan untuk tetap minum, pastikan tidak lebih dari satu atau takar alkohol dan tidak lebih dari sekali atau dua kali seminggu , dan tidak pernah mabuk. Minum berat atau pesta minuman keras selama kehamilan sangat berbahaya bagi bayi. Calon ibu yang minum banyak alkohol secara teratur lebih mungkin untuk melahirkan bayi dengan gangguan spektrum alkohol janin (FASD), yang merupakan awal dari kemungkinan cacat lahir yang lebih serius.

8. Kurangi kafein

Kopi, teh, soda dan minuman energi ialah stimulan ringan. Ada kekhawatiran bahwa terlalu banyak kafein sanggup meningkatkan risiko keguguran. Ini juga berpikir mungkin bahwa terlalu banyak kafein sanggup menimbulkan risiko berat tubuh bayi lahir rendah. Para hebat menyarankan bahwa hingga 200mg kafein (dua cangkir kopi instan) sehari tidak akan besar lengan berkuasa terlalu jelek bagi bayi. Seperti alkohol, ibu hamil sebaiknya menentukan untuk tidak mengkonsumsi kafein sama sekali, terutama pada trimester pertama. Buah dan jus buah ialah alternatif yang kondusif sebagai pengganti teh atau kopi.

Bacaan lebih lanjut : Efek Kafein terhadap Kesehatan Kehamilan dan Menyusui

9. Berhenti merokok

Merokok selama kehamilan sanggup menimbulkan dilema kesehatan yang serius bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan, termasuk peningkatan risiko:
  • keguguran
  • kelahiran prematur
  • berat tubuh lahir rendah
  • kematian sesaat sehabis lahir (SIDS)

Merokok bahkan sanggup berafiliasi dengan janjkematian bayi ketika lahir. Merokok juga meningkatkan komplikasi kehamilan berikut:
  • Mual dan muntah (morning sickness).
  • Kehamilan ektopik.
  • Solusio plasenta, di mana plasenta terpisah dari dinding rahim sebelum bayi lahir.

Jika ibu merokok, jalan terbaik ialah segera berhenti untuk kesehatan diri sendiri dan bayi dalam kandungan. Semakin cepat berhenti merokok, lebih baik, tapi itu tidak pernah terlambat. Bahkan berhenti dalam beberapa ahad terakhir kehamilan sanggup berdampak nyata bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan. Konsultasikan dengan dokter jikalau ibu hamil mengalami kesulitan untuk berhenti merokok. Baca juga artikel Bolehkah Ibu Merokok Menyusui ASI dan Cara Cepat Berhenti Merokok.

10. Beristirahatlah

Rasa lelah ibu hamil dalam beberapa bulan pertama ialah lantaran tingginya kadar hormon kehamilan yang beredar dalam tubuh. Kemudian, itu cara tubuh untuk memberitahu ibu hamil untuk memperlambat gerakan. Jika tidak sanggup tidur di malam hari, cobalah untuk tidur siang cepat di tengah hari untuk “mengejar ketinggalan”. Jika itu tidak mungkin, setidaknya bersandar dan letakkan kaki dan coba untuk bersantai selama 30 menit. Jika sakit punggung mengganggu tidur, cobalah berbaring ke kiri dengan lutut ditekuk. Menempatkan bantal dibawah perut sanggup membantu meringankan ketegangan pada punggung. Olahraga juga sanggup mengurangi sakit punggung. Ini sanggup membantu dengan dilema tidur, terlalu, selama ibu hamil tidak berolahraga terlalu erat dengan waktu tidur. Untuk membantu tidur, cobalah teknik relaksasi, yang kondusif pada kehamilan, seperti:
  • yoga
  • peregangan
  • pernapasan dalam
  • visualisasi
  • pijat
Beritahu pelatih / pelatih olahraga bahwa Ibu sedang hamil atau, idealnya, menentukan kelas yang diubahsuaikan dengan perempuan hamil.

Baca juga artikel berikut:
Ini yang Wajib Dilakukan Ibu selama Hamil
Pantangan Ibu Hamil Muda dan Hamil Tua
Kesehatan Ibu Hamil: Yang Perlu Diwaspadai dari Hewan
18 Pantangan Aktivitas Keseharian yang Wajib dihindari Ibu Hamil

Demikian beberapa tips sehat ibu hamil terbaik dengan cara yang sederhana yang sanggup HamilBayi.Com sampaikan. Semoga sanggup membantu sobat untuk menjaga kondisi kesehatan kehamilan, sehingga kehamilan bebas dari dilema dan bayi sehat (hamil sehat bayi sehat).