Peran Suami Persiapan Persalinan / Melahirkan

Biasanya bidan atau dokter akan memberi tahu asumsi tanggal kelahiran dikala anda memeriksakan kehamilan. Satu atau dua ahad sebelum tanggal kelahiran tersebut sebaiknya baik ibu / istri, bapak / suami dan juga anggota keluarga lainnya telah mempersiapkan segala sesuatu kebutuhan persalinan. Peran suami dikala melahirkan snagat penting. Tentunya ibu hamil akan lebih senang dan mungkin saja persalinan sanggup lebih lancar jikalau dikala ibu melahirkan anak ditemani suami dan keluarga. Dan mungkin saja persalinan sanggup lebih sulit jikalau ibu melahirkan anak tanpa ditemani suami dan keluarga. Berikut ini ialah hal-hal yang juga sanggup dilakukan suami / kawan lahir di beberapa ahad terakhir dalam persiapan kelahiran bayi, seperti:
  1. Menyimpan daftar nomor telepon yang diharapkan termasuk bidan dan klinik bersalin serta rumah sakit.
  2. Menyiapkan kendaraan untuk persalinan, termasuk rute tersingkat dan tercepat ke rumah sakit, atau menyiapkan nomor telepon perusahaan taksi/ supir taksi/ kendaraan beroda empat sewaan.
  3. Mencaritahu apakah klinik / rumah sakit tersebut mendapatkan asuransi yang dimiliki dan bagaimana mekanisme mengenai hal itu.

  4. Mencaritahu apakah klinik / rumah sakit tersebut mendapatkan debit dengan kartu atm atau kartu kredit, dan jikalau tidak persiapkan uang cash untuk biaya persalinan.
  5. Pastikan baterai telepon dan mungkin juga kamera diisi atau mempunyai powerbank dan baterai cadangan semoga sanggup menghubungi/dihubungi kerabat dan juga untuk merekam video istri melahirkan.
  6. Memberikan tunjangan dukungan dikala persalinan: dukungan emosi, menyapu keringat, mengompres ibu dengan air hangat / dingin, membantu mencari posisi yang tepat, berkomunikasi dengan perawat / bidan / dokter, memegang bayi nantinya sesudah kelahiran, dan bahkan sekedar pelukan atau genggaman tangan yang menciptakan ibu nyaman.
  7. Yang paling penting, kawan lahir harus mencoba dan bersabar, damai dan mendukung. Selalu dengarkan ibu hamil alasannya ialah ia ialah orang yang tahu yang terbaik apa yang ia butuhkan.



Itulah beberapa hal yang sanggup dilakukan kawan bersalin / suami dalam persiapan melahirkan ataupun dikala persalinan. Semoga sanggup membantu suami yang sedang gundah ihwal apa yang sanggup dilakukannya dalam proses persalinan yang panjang dan melelahkan bagi ibu.