10 Tips Untuk Bapak Mendukung Ibu Menyusui Asi

Seorang bapak mungkin merasa tidak banyak yang sanggup dilakukan untuk membantu ibu menyusui dengan Air Susu Ibu (ASI). Padahal tugas bapak atau pasangan sanggup menjadi vital dan memperlihatkan banyak imbas baik bagi ibu menyusui dengan ASI maupun untuk bayi. Karena itulah artikel bertajuk 10 Tips Untuk Bapak Guna Mendukung Ibu Menyusui ini dibuat.

Perempuan akan lebih leluasa dan nyaman untuk menyusui lebih usang ketika mereka mendapat pinjaman dari pasangan mereka. Dukungan kepada ibu menyusui memperlihatkan kebanggan tersendiri yang sangat besar bagi ibu dan bermacam-macam manfaat kesehatan bagi ibu dan bayi. Selain itu, pinjaman menyusui sanggup menjadi pengalaman berharga yang memperkuat ikatan emosional untuk seluruh anggota keluarga. Berikut ini ialah beberapa tips mudah untuk Ayah / Bapak dalam mendukung Ibu menyusui dengan ASI yang disunting dari situs National Health Service (NHS) Inggris dan sumber lainnya.
Seorang bapak mungkin merasa tidak banyak yang sanggup dilakukan untuk membantu ibu menyusui 10 Tips untuk Bapak Mendukung Ibu Menyusui ASI

Tips mudah Bapak atau pasangan dalam membantu Ibu menyusui:

1. Datanglah ke kelas antenatal atau kelas menyusui.

Ada beberapa sesi yang memang ditujukan terutama untuk bapak. Tanyakan pada bidan, posyandu, puskesmas atau rumah sakit kawasan ibu melahirkan untuk informasi lebih lanjut. Mempelajari informasi sebagaimana Ibu dan mendiskusikannya tolong-menolong akan sangat membantu, terutama pada hari-hari awal ketika semuanya ialah pengalaman yang sangat gres dan adakala terasa luar biasa.

2. Berikan Dukungan Psikologis (Emosional) dan Praktis.

Menyusui sanggup menjadi waktu yang sangat sulit di hari-hari awal ketika bayi mengambil semua waktu dan tenaga Anda. Tapi itu tidak berlangsung selamanya. Sediakan waktu sebisa mungkin untuk kebersamaan dengan Ibu dan bayi. Lakukan hal-hal kecil untuk menciptakan Ibu dan bayi merasa diperhatikan. Selain itu, bapak juga sanggup menjadi orang terdekat yang membantu mengingatkan ibu untuk selalu mengkonsumsi masakan yang bergizi.

3. Mengatur cuti.

Bicaralah dengan atasan mengenai pulang lebih awal sehingga bapak sanggup merencanakan kegiatan bersama sesuai dengan kebutuhan keluarga. Atau mungkin juga meminta ijin untuk tidak lembur selama beberapa waktu biar mempunyai lebih banyak waktu untuk mendukung ibu menyusui bayi dengan ASI.

4. Buatlah hidup Ibu lebih gampang dan menyenangkan.



Hal-hal kecil terkadang menciptakan perbedaan besar. Misalnya, membawa Ibu makan malam kalau bayi ingin menyusui pada dikala yang sama, membawanya secangkir teh dan majalah untuk menambah pengetahuan dan menghilangkan kejenuhan, atau mungkin mengatur anggota keluarga atau sobat untuk menemani ibu dan bayi dikala Bapak bekerja.

5. Bantu Ibu menghilangkan stres.

Jika Anda sudah mempunyai beberapa anak, hilangkan stres dari ibu dengan mengajak anak lain bermain dikala ibu menyusui bayi. Jika perlu, ajak keluar rumah untuk memperlihatkan waktu bagi Ibu untuk bersantai dan memulihkan energi. Stres pada Ibu sangat berpotensi menurunkan jumlah ASI dan bahkan sanggup menciptakan ASI tidak keluar lagi.

6. Berhati-hati dalam berkomunikasi.

Pada masa ini Ibu mempunyai banyak kegiatan pelengkap dari hari-hari biasanya. Ini membuatnya lelah dan terkadang komentar bapak (meskipun bertujuan baik) salah dimengerti oleh ibu dan membuatnya duka atau kesal. Memberikan pelukan hangat dengan penuh kasih sayang biasanya menjadi jalan terbaik untuk memperlihatkan perhatian pada Ibu.

7. Turut terlibat dalam Merawat bayi.

Memandikan bayi, mengganti popok dan menemani bayi menjelang tidur ialah cara terbaik untuk mempererat ikatan emosi antara bapak dengan bayi.

8. Susui bayi dengan botol ASI.

Setelah beberapa minggu, kalau Ibu mulai memeras ASI-nya, Anda sanggup menyusui bayi dengan botol ASI. Tidak semua bayi tertarik dengan dot dan ASI dalam botol - beberapa lebih menentukan untuk hanya menyusui dengan Ibu.

9. Bantu membersihkan peralatan.

Membantu membersihkan peralatan Ibu sesudah memerah ASI ibarat alat pompa asi, botol asi, dan peralatan lainnya menciptakan Ibu sanggup mempunyai lebih banyak waktu untuk beristirahat. Sebelum melakukannya, pelajari dengan seksama mengenai cara sterilisasi peralatan tersebut.

10. Memberi makan bayi.

Setelah enam bulan, bayi akan siap untuk mencoba masakan padat dan Anda sanggup menikmati waktu yang menyenangkan ini dengan memberinya masakan bergizi.

Demikian 10 Tips terkait Peran Bapak dalam memperlihatkan pinjaman kepada Ibu selama menyusui. Semoga sanggup menjadi tanggapan atas kebingungan bapak mengenai hal yang sanggup dilakukan untuk mendukung ibu selama menyusui, dan bermanfaat untuk kita semua.