3 Fase Tahap Perkembangan Kehamilan Ibu

Kehamilan yaitu satu momen yang senang yang selalu diidamkan semua manusia; baik ibu, kakak, suami, keluarga, maupun bangsa secara umum. Terlebih bagi ibu yang sedang aktivitas hamil ataupun mendapatkan anugrah dan sedang menikmati haki ke hari dari ahad ke ahad / per ahad kebahagiaan hamil muda. 3 Fase Tahap Perkembangan Ibu dan janin selama kehamilan menjadi sesuatu yang selayaknya perlu diketahui semoga ketika itu terjadi tidak menjadi sesuatu yang mengherankan atau bahkan menakutkan. Justru linimasa perkembangan tahap kehamilan ibu sudah selayaknya menjadi sesuatu yang sangat menarik untuk diperhatikan.
Mungkin sahabat sedang mencari tahap perkembangan ibu hamil 7 minggu, 11 minggu, 19 minggu, 38 ahad 2 bulan, 5 bulan, 8 bulan. Artikel Perkembangan Ibu selama Kehamilan ini akan membahas mengenai apa yang terjadi dengan Ibu dalam 3 Tahap Kehamilan: Trimester pertama (1), kedua (2), dan ketiga (3). Sementara trimester kehamilan itu sendiri yaitu satuan waktu yang membagi kehamilan yang berlangsung sekitar 40 ahad dihitung dari hari pertama haid normal terakhir menjadi 3 bagian; ahad 1 s/d ahad 12, ahad 13 s/d ahad 28, ahad 29 s/d ahad 40. Berikut ini yaitu Perkembangan Ibu dan Bayi selama Kehamilan yang telah dirangkum dari situs WomensHealth.gov.

1. Trimester pertama (minggu 1 s/d ahad 12)

Selama trimester pertama tubuh Ibu hamil mengalami banyak perubahan. Perubahan hormon mensugesti hampir setiap sistem organ dalam tubuh Ibu hamil. Perubahan ini sanggup memicu tanda-tanda bahkan dalam minggu-minggu pertama kehamilan. Berhentinya menstruasi pada Ibu hamil yaitu tanda yang terang bahwa Ibu sedang hamil. Perubahan lain mungkin termasuk:
  • kelelahan ekstrim 
  • lemas, payudara bengkak. puting ibu hamil mungkin juga menonjol.
  • mulas, sakit perut dengan atau tanpa muntah (morning sickness)
  • mengidam atau membenci masakan tertentu
  • perubahan suasana hati
  • sembelit (kesulitan buang air besar)
  • buang air lebih sering
  • sakit kepala
  • penambahan atau penurunan berat badan

Kehamilan yaitu satu momen yang senang yang selalu diidamkan semua insan 3 Fase Tahap Perkembangan Kehamilan Ibu
Perkembangan Kehamilan
Trimester Pertama
Image © WomensHealth.gov
Seiring perubahan tubuh, Ibu hamil mungkin perlu menciptakan perubahan pada rutinitas harian, menyerupai pergi tidur lebih awal atau makan lebih sering, mulai mengkonsumsi masakan kecil. Untungnya, sebagian besar ketidaknyamanan ini akan hilang sejalan dengan perkembangan kehamilan berlanjut. Beberapa perempuan mungkin merasa nyaman-nyaman saja, terlebih jikalau Ibu sebelumnya pernah hamil, Ibu mungkin merasa berbeda kali ini. Sama menyerupai terdapatnya perbedaan pada setiap perempuan, begitu juga setiap kehamilan.

Bagi beberapa perempuan mungkin perubahan bentuk tubuh (baca: membesarnya perut dan semua anggota tubuh lainnya) merupakan keprihatinan besar yang sangat menyedihkan atau menyebalkan selama kehamilan. Baca artikel Menikmati Perut Besar selama Kehamilan untuk mengetahui apa yang sanggup Ibu hamil lakukan untuk mendapatkan dan menyayangi tubuh Ibu hamil.

2. Trimester kedua (minggu 13 s/d ahad 28)

Kehamilan yaitu satu momen yang senang yang selalu diidamkan semua insan 3 Fase Tahap Perkembangan Kehamilan Ibu
Perkembangan Kehamilan
Trimester Kedua
Image © WomensHealth.gov
Kebanyakan perempuan mencicipi bahwa trimester kedua kehamilan lebih gampang dijalani daripada trimester pertama. Tapi ingat bahwa sama pentingnya untuk tetap mencari banyak isu ihwal kehamilan selama bulan-bulan kehamilan.

Ibu hamil mungkin mencicipi bahwa tanda-tanda menyerupai mual dan kelelahan akan menghilang. Tapi tiba hal-hal baru, perubahan lain lebih terlihat untuk tubuh Ibu hamil kini terjadi. Perut Ibu hamil akan semakin besar seiring pertumbuhan bayi. Dan sebelum trimester ini selesai, Ibu hamil akan merasa bayi mulai bergerak dan bahkan menendang-nendang. Selain membesarnya perut sebagai konsekuensi ruang untuk bayi dalam kandungan tumbuh, Ibu hamil mungkin mengalami:
  • Nyeri tubuh, menyerupai sakit punggung, perut, selangkangan, atau paha.
  • Stretch mark pada perut Ibu hamil, payudara, paha, atau bokong
  • kulit sekitar puting susu semakin gelap
  • munculnya sebuah garis vertikal pada kulit dari pusar ke garis rambut kemaluan
  • Bercak kulit yang lebih gelap, biasanya pada pipi, dahi, hidung, atau bibir atas. Bercak ini sering timbul pada kedua sisi wajah, yang membuatnya terkadang disebut topeng kehamilan.
  • tangan merasa kesemutan, yang disebut carpal tunnel syndrome
  • Gatal pada perut, telapak tangan, dan telapak kaki.(segera ke rumah sakit jikalau Ibu hamil mengalami mual, kehilangan nafsu makan, muntah, sakit kuning atau kelelahan dikombinasikan dengan gatal. Ini sanggup menjadi tanda-tanda problem hati yang serius.
  • Pembengkakan pada pergelangan kaki, jari, dan wajah. (segera ke rumah sakit jikalau Ibu hamil melihat ada pembengkakan tiba-tiba atau ekstrim atau jikalau Ibu hamil mendapatkan banyak berat tubuh dengan sangat cepat, hubungi dokter Ibu hamil segera. Ini sanggup menjadi tanda preeklamsia)

Selalu diskusikan dengan bidan atau dokter ibu mengenai keluhan yang dialami. Bidan atau dokter akan memberi saran terbaik yang sanggup Ibu hamil lakukan untuk mengatasi keluhan kehamilan.

3. Trimester ketiga (minggu 29 s/d ahad 40)



Ibu hamil semakin banyak mengalami keluhan. Beberapa ketidaknyamanan di trimester kedua akan dilanjutkan, ditambah dengan, banyak perempuan merasa sulit bernapas dan merasa ingin lebih sering ke kamar mandi. Ini sebab bayi semakin besar dan tentu semakin menekan organ-organ dalam perut Ibu hamil. Jangan khawatir, bayi Ibu hamil baik-baik saja dan problem ini akan berkurang sehabis Ibu hamil melahirkan.


Perkembangan Kehamilan
Trimester Kedua
Image © WomensHealth.gov
Beberapa perubahan tubuh gres Ibu hamil yang mungkin dirasakan pada trimester ketiga:
  • Sesak napas
  • Mulas
  • Pembengkakan pada pergelangan kaki, jari, dan wajah. (Jika Ibu hamil melihat ada pembengkakan tiba-tiba atau ekstrim atau jikalau Ibu hamil mendapatkan banyak berat tubuh dengan sangat cepat, hubungi dokter Ibu hamil segera. Ini sanggup menjadi tanda hamil preeklamsia.)
  • Wasir
  • Lembut payudara, yang mungkin bocor lembap pra-susu yang disebut kolostrum (kuh-RUGI-struhm)
  • Pusar mungkin menonjol
  • Kesulitan tidur
  • Bayi "menjatuhkan", atau bergerak lebih rendah di perut Ibu hamil
  • Kontraksi, yang sanggup menjadi tanda hamil persalinan yang aktual atau palsu

Ketika tanggal persalinan semakin dekat, leher rahim Ibu hamil menjadi lebih tipis dan lebih lembut (disebut merendahkan). Ini yaitu proses alami yang normal yang membantu jalan lahir untuk membuka selama proses melahirkan. Dokter akan menyelidiki kemajuan Ibu hamil dengan menyelidiki jalan lahir ketika Ibu hamil bersahabat tanggal persalinan. Perbesarlah semangat - hitungan mundur tamat kehamilan telah dimulai!

Itulah apa yang terjadi dengan tubuh Ibu dan janin dalam 3 Tahap Kehamilan yaitu Trimester pertama (minggu 1 s/d ahad 12), kedua (13 s/d ahad 28), dan ketiga (minggu 29 s/d ahad 40). Demikian yang sanggup disampaikan kali ini dalam artikel Perkembangan Ibu dan Bayi selama Kehamilan ini. Semoga membantu Ibu dan suami yang mempunyai kebingungan terutama ketika hamil pertamakali dan menambah pengetahuan bagi sahabat yang sedang mencari tahap perkembangan ibu hamil 7 minggu, 11 minggu, 19 minggu, 38 ahad 2 bulan, 5 bulan, 8 bulan.