Tanda / Ciri Bayi Cukup Asi

Kini dukungan Air Susu Ibu (ASI) pribadi pada bayi menjadi ekspresi dominan bagi banyak ibu yang mempunyai bayi alasannya memang mempunyai bermacam-macam manfaat. Banyak yang bertanya, menyusui dengan asi pribadi sebaiknya hingga umur berapa? dalam pengertian asi pribadi yakni mulai dari dilahirkan hingga dengan berusia 6 bulan (mulai dari gres lahir, usia 1 bulan, usia 2 bulan, usia 3 bulan, 4 bulan hingga dengan 6 bulan).

Namun, dikarenakan tidak adanya dosis yang terperinci mengenai berapa banyak asi yang dikonsumsi bayi, banyak ibu yang bertanya-tanya dan mempunyai kekhawatiran apakah bayi sudah cukup asi?. Maka masuk akal bila sahabat HamilBayi.Com sedang mencari makalah cara mengetahui indikator / tanda bayi yang kenyang sudah cukup minum ASI dan pertanyaan lain ibarat ciri bagi anak balita yang tidak terpenuhi kebutuhan menyusuinya akhir kekurangan dalam intensitas, menurut evaluasi ibu asinya hanya keluar sedikit, bayi susah / kurang puas menyusu alasannya asi terlalu deras, mengatasi bayi menolak menyusu alasannya rewel terus, ibu mendapat bayi kembar atau prematur sehingga sulit untuk menawarkan asi eksklusif.

 pribadi pada bayi menjadi ekspresi dominan bagi banyak ibu yang mempunyai bayi alasannya memang memili Tanda / Ciri Bayi Cukup ASI

Untuk itu artikel Hamilbayi.com kali ini akan membahas mengenai cara sederhana mengenali tanda / ciri bayi cukup ASI pada bayi semenjak lahir hingga dengan berusia 6 MINGGU. Berikut ini yakni ciri / tanda bayi cukup ASI tersebut:

1. KENAIKAN BERAT BADAN:

Senantiasa pantau perkembangan berat tubuh bayi. Tanda bayi cukup ASI yakni mengalami penambahan berat tubuh mulai dari 400 gram hingga 1 kg setiap bulannya.

Jika perkembangan berat tubuh bayi baik dengan dukungan ASI saja, maka bayi mendapat cukup ASI. Penurunan berat tubuh berkisar 5-7% selama 3-4 hari pertama sesudah kelahiran merupakan hal yang normal. Bayi harus mendapat kembali berat tubuh lahir dalam rentang 10 hingga 14 hari. Sejak hari ke 5, berat tubuh rata-rata bertambah 150 gram per minggu. Jika tujuan tersebut tidak terpenuhi, hubungi konsultan laktasi Anda.

Berat tubuh bayi gres lahir cenderung turun pada beberapa hari pertama. Namun pantaulah semoga penurunannya semoga tidak lebih dari 10%. Bila sudah lebih dari 10%, kemungkinan alasannya bayi tidak mendapat cukup ASI.

Kenaikan berat tubuh merupakan tanda bayi cukup asi yang paling penting alasannya ciri lainnya (urine dan feses) relatif sukar dijadikan sebagai patokan utama.

2.Popok / Diaper Basah: 6 + popok berair per hari . (Hari 4)

Biasanya hanya akan terdapat satu popok berair pada hari pertama, dan terus meningkat hingga menjadi lebih dari 6 popok mulai hari ke-4. Untuk mengetahui ibarat apa popok yang cukup basah, tuangkan 3 sendok makan (45 ml) air pada popok higienis (jika buang air bayi lebih sering, maka jumlah urin per popok mungkin kurang dari itu). Selain itu, urine seharusnya pucat dan berbau ringan.

3.Popok / Diaper kotor: 3 - 4 + popok kotor per hari (hari 4).

Feses (kotoran bayi) seharusnya berwarna kuning cerah (tidak ada mekonium) semenjak hari ke- 5 dan ukurannya berkisar 2,5 cm atau lebih besar. Feses bayi dengan ASI pribadi biasanya juga lembut, berair dan mungkin sedikit kotor. Ibu juga tidak perlu khawatir bila feses bayi gres lahir berwarna kehitaman alasannya itu masuk akal pada 1-2 hari pertama kelahiran.

4. TANDA POSITIF LAIN:

Setelah menyusui, payudara ibu terasa lunak dan lebih lembut dan bayi sepertinya cukup kenyang. Bayi waspada, aktif dan sesuai dengan tonggak perkembangan.

Selain itu sahabat mungkin juga sanggup melaksanakan cara-cara sederhana lain guna memastikan apakah bayi benar-benar minum susu atau hanya “mengempeng saja” sebagaimana diulas oleh +A. Maya TM  di laman theasianparent. Seperti berikut:

  1. Memperhatikan gerakan dagu dan bunyi ketika bayi menyusu, apakah terlihat ibarat sedang meneguk minuman.
  2. ASI terlihat di sekitar bibir bayi. Meskipun ini tidak berlaku untuk semua, alasannya tidak semua ibu mengeluarkan ASI yang mengalir deras sehingga ASI sanggup terlihat memenuhi verbal bayi.
  3. Tekan payudara ketika bayi menyusu. Mengurut perlahan payudara ke arah puting dikala menyusui menciptakan ASI menyembur dan mengganggu kenyamanan bayi. Jika tidak terganggu mungkin tidak ada semburan ASI.
  4. Bayi kenyang akan tertidur pulas

Demikianlah goresan pena HamilBayi.Com bertajuk Tanda / Ciri Bayi Cukup ASI yang membahas mengenai cara sederhana memastikan bayi cukup ASI dengan cara menyidik berat badan, popok, diapers, dan lainnya. Semoga sanggup membantu Sahabat yang menjadi ibu menyusui bayi secara pribadi namun risau alasannya ketidakpastian dosis ASI yang dihisap bayi.

Sumber: Kelly Bonyata, BS, IBCLC, Is Baby Getting Enough Milk?, kellymom.com