Depresi : Fakta Kunci, Penyebab, Jenis, Tanda-Tanda Dan Pengobatan

Apa Sahabat sedang googling makalah macam macam gejala, jenis dan penyebab depresi akut pengobatan mengatasi depresi berat maupun ringan? Artikel HamilBayi.com bertajuk Depresi : Fakta Kunci, Penyebab, Jenis, Gejala dan Pengobatan yang bersumber dari situs WHO https://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs369/en/ ini akan membahas mengenai Fakta-fakta kunci Depresi, Jenis dan Gejala Depresi, faktor yang berkontribusi terhadap Depresi dan pencegahannya, Diagnosis dan pengobatan Depresi, serta Respon Dunia terhadap Depresi.

Depresi yaitu penyakit umum di seluruh dunia, dengan asumsi 350 juta orang terkena dampak. Depresi berbeda dari fluktuasi suasana hati yang biasa dan jawaban emosional singkat untuk tantangan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama dikala tahan usang dan dengan intensitas sedang atau berat, depresi sanggup menjadi kondisi kesehatan yang serius. Hal ini sanggup menyebabkan orang yang terkena sangat menderita dan berfungsi jelek di daerah kerja, di sekolah dan di keluarga. Yang paling buruk, depresi sanggup menyebabkan bunuh diri. Lebih dari 800 000 orang meninggal sebab bunuh diri setiap tahun. Bunuh diri yaitu penyebab utama kedua maut di rentang usia 15-29 tahun.

Apa Sahabat sedang googling makalah macam macam tanda-tanda Depresi : Fakta Kunci, Penyebab, Jenis, Gejala dan Pengobatan
Depresi : Fakta Kunci, Penyebab, Jenis, Gejala dan Pengobatan
Meskipun telah terdapat pengobatan yang efektif untuk depresi, kurang dari setengah dari mereka yang terkena dampak depresi di dunia (di banyak negara, kurang dari 10%) mendapatkan perawatan tersebut. Hambatan untuk perawatan yang efektif termasuk kurangnya sumber daya, kurangnya penyedia layanan kesehatan yang terlatih, dan stigma sosial yang terkait dengan gangguan mental. penghalang lain untuk perawatan yang efektif yaitu evaluasi tidak akurat. Di negara-negara dari semua tingkat pendapatan, orang yang mengalami depresi sering tidak didiagnosis dengan benar, dan orang lain yang tidak mempunyai gangguan terlalu sering salah didiagnosis dan diresepkan antidepresan.
Beban depresi dan kondisi kesehatan mental lainnya terus meningkat secara global. Resolusi World Health Assembly melewati Mei 2013 telah menyerukan komprehensif, respon terkoordinasi untuk gangguan mental di tingkat negara.

Fakta-fakta kunci Depresi

Berikut ini yaitu Fakta-fakta kunci Depresi berdasarkan WHO:
  1. Depresi yaitu gangguan mental yang umum. Secara global, diperkirakan 350 juta orang dari segala usia menderita depresi.
  2. Depresi yaitu penyebab utama keganjilan di seluruh dunia, dan merupakan penyumbang utama untuk beban global penyakit secara keseluruhan.
  3. Banyak wanita yang terkena depresi dibandingkan laki-laki.
  4. Yang paling buruk, depresi sanggup menyebabkan bunuh diri.
  5. Ada pengobatan yang efektif untuk depresi.

Jenis dan Gejala Depresi

Tergantung pada jumlah dan tingkat keparahan gejala, episode depresi sanggup dikategorikan sebagai ringan, sedang, atau berat.

Pembedaan kunci juga dibentuk antara depresi pada orang yang mempunyai atau tidak mempunyai riwayat episode manik. Kedua jenis depresi sanggup menjadi kronis (yaitu selama jangka waktu) dengan kambuh, terutama jikalau mereka tidak diobati.

Gangguan depresi berulang: gangguan ini melibatkan mengulangi episode depresi. Selama episode ini, orang mengalami perasaan depresi, kehilangan minat dan kenikmatan, dan mengurangi energi yang mengarah ke acara berkurang setidaknya dua minggu. Banyak orang dengan depresi juga menderita tanda-tanda kecemasan, susah tidur dan nafsu makan dan mungkin mempunyai perasaan bersalah atau rendah diri, konsentrasi yang jelek dan bahkan tanda-tanda medis dijelaskan.

Tergantung pada jumlah dan tingkat keparahan gejala, episode depresi sanggup dikategorikan sebagai ringan, sedang, atau berat. Seorang individu dengan episode depresi ringan akan mempunyai beberapa kesulitan dalam melanjutkan dengan pekerjaan biasa dan kegiatan sosial, tetapi mungkin tidak akan berhenti berfungsi sepenuhnya. Selama episode depresi berat, sangat mustahil bahwa penderita akan sanggup melanjutkan sosial, pekerjaan, atau kegiatan domestik, kecuali hingga batas yang sangat terbatas.

Gangguan afektif bipolar: jenis depresi biasanya terdiri dari kedua episode manik dan depresi dipisahkan oleh periode suasana hati yang normal. Episode manik melibatkan peningkatan atau suasana hati gampang marah, lebih-aktivitas, tekanan berbicara, meningkat harga diri dan penurunan kebutuhan untuk tidur.

faktor yang berkontribusi terhadap Depresi dan pencegahannya


Depresi hasil dari interaksi yang kompleks dari faktor-faktor sosial, psikologis dan biologis. Orang-orang yang telah melalui imbas samping kehidupan (pengangguran, kematian, stress berat psikologis) lebih mungkin untuk menyebarkan depresi.Depresi dapat, pada gilirannya, menyebabkan lebih banyak stres dan disfungsi dan memperburuk situasi kehidupan orang yang terkena dan depresi itu sendiri.

Ada kekerabatan timbal balik antara depresi dan kesehatan fisik. Misalnya, penyakit kardiovaskular sanggup menyebabkan depresi dan sebaliknya. Program pencegahan telah terbukti mengurangi depresi. masyarakat yang efektif pendekatan untuk mencegah depresi termasuk acara berbasis sekolah untuk meningkatkan teladan berpikir faktual pada belum dewasa dan remaja. Intervensi untuk orang bau tanah dari belum dewasa dengan duduk masalah sikap sanggup mengurangi tanda-tanda depresi orangtua dan meningkatkan hasil bagi belum dewasa mereka. acara latihan untuk orang bau tanah juga sanggup efektif dalam pencegahan depresi.
depresi ringan 2029, tanda-tanda depresi akut 2026, mengatasi depresi 2022, makalah depresi depresi berat 2019, pengobatan depresi 2021, penyebab depresi 2023, macam macam depresi 2018 2020 2024 2025 2027 2028

Diagnosis dan pengobatan Depresi

Ada pengobatan yang efektif untuk depresi sedang dan berat. Penyedia layanan kesehatan sanggup memperlihatkan perawatan psikologis (seperti aktivasi perilaku, terapi sikap kognitif [CBT], dan psikoterapi interpersonal yang [IPT]) atau obat antidepresan (seperti selective serotonin reuptake [SSRI] dan antidepresan trisiklik [TCA]). Penyedia layanan kesehatan harus diingat imbas samping yang mungkin terkait dengan obat antidepresan, kemampuan untuk mengatakan intervensi baik (dalam hal keahlian, dan atau ketersediaan / pengobatan), dan preferensi individu.Berbeda format perawatan psikologis untuk dipertimbangkan termasuk individu dan / atau kelompok tatap muka perawatan psikologis disampaikan oleh para profesional dan terapis awam diawasi.

Perawatan psikososial juga efektif untuk depresi ringan. Antidepresan sanggup menjadi bentuk perawatan yang efektif untuk depresi sedang-berat tetapi tidak baris pertama pengobatan untuk masalah depresi ringan. Mereka dihentikan dipakai untuk mengobati depresi pada belum dewasa dan tidak baris pertama pengobatan pada remaja, di antaranya mereka harus dipakai dengan hati-hati.

  1. Baca Juga:
    Semua wacana Hari Kesehatan Mental Sedunia yang Wajib Diketahui

  2. Fakta-fakta dan Faktor Penentu Kesehatan Mental

  3. Fakta Seputar Bunuh Diri yang Wajib Kamu Tau!

  4. Fakta Gangguan Mental yang Wajib Kamu Tau!

  5. Fakta Penting Kesehatan Mental dalam Keadaan Darurat

  6. Fakta Kunci Kesehatan Jiwa Orang Dewasa


Respon Dunia terhadap Depresi

Depresi yaitu salah satu kondisi prioritas ditutupi oleh Program Aksi Mental Health Gap WHO (mhGAP). Program ini bertujuan untuk membantu negara-negara meningkatkan pelayanan bagi orang-orang dengan gangguan penggunaan mental, neurologis dan substansi, melalui perawatan yang diberikan oleh petugas kesehatan yang tidak seorang jago kesehatan mental. Program menegaskan bahwa dengan perawatan yang tepat, tunjangan psikososial dan obat-obatan, puluhan juta orang dengan gangguan mental, termasuk depresi, bisa mulai menjalani kehidupan normal - bahkan di mana sumber daya yang langka.

Sampai disini artikel HamilBayi.com bertajuk Depresi : Fakta Kunci, Penyebab, Jenis, Gejala dan Pengobatan ini yang telah mengulas Fakta-fakta kunci Depresi, Jenis dan Gejala Depresi, faktor yang berkontribusi terhadap Depresi dan pencegahannya, Diagnosis dan pengobatan Depresi, serta Respon Dunia terhadap Depresi. Semoga bermanfaat untuk Sahabat sedang googling makalah macam macam gejala, jenis dan penyebab depresi akut pengobatan mengatasi depresi berat maupun ringan.

Ungkap pendapat Sahabat di kolom tersedia dan bagikan link makalah ini ke jejaring sosial!