4 Pantangan Pengobatan Ibu Hamil

Kehamilan ialah momen yang sangat membahagiakan, baik bagi Ibu, suami, maupun keluarga secara luas. Selepas kehamilan, momen kebahagiaan akan terus bertambah seiring dengan kelahiran dan perkembangan buah hati. Untuk itu kehamilan perlu dijaga biar kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandung senantiasa dalam keadaan yang baik.

Sebagaimana mungkin ibu juga tahu, konsumsi obat-obatan maupun metode pengobatan ketika hamil berbeda dengan kondisi ketika tidak hamil. Apa yang biasa sanggup mengobati sakit ketika tidak hamil sanggup berbahaya kalau dilakukan selama masa kehamilan. Berikut ini ialah pantangan pengobatan ibu selama hamil yang sudah HamilBayi.Com rangkum dari BabyCenter dan FamilyEducation.
Kehamilan ialah momen yang sangat membahagiakan 4 Pantangan Pengobatan Ibu Hamil

1. Jangan minum obat tanpa resep dokter



Semua obat, baik obat presecription (obat presecription ialah obat yang harus dengan resep) atau obat-obatan Over the Counter (OTC ialah obat yang dijual bebas / tidak perlu resep) yang dikonsumsi ibu selama kehamilan harus mendapat proposal dokter.

Obat yang kondusif untuk dikonsumsi ketika tidak hamil sanggup menjadikan efek yang sangat merusak janin ketika Ibu sedang hamil. Bahkan ketika Ibu berpikir untuk hamil, Ibu harus mendiskusikan penggunaan obat-obatan dengan dokter terlebih dahulu. Banyak andal merekomendasikan untuk tidak mengkonsumsi obat OTC selama 8 ahad pertama kehamilan ketika jantung, paru-paru, dan otak sedang dibentuk.

2. Jangan konsumsi obat-obatan terlarang

Mengkonsumsi obat-obatan terlarang akan meningkatkan resiko bayi lahir dengan berat tubuh lahir rendah, kerusakan sistem saraf sentra yang sanggup menunda atau mengganggu perkembangan neurobehavioral ringan hingga efek paling parah, dan malformasi fisik menyerupai bibir sumbing, murmur jantung, cacat mata, dan kelainan pada wajah dan sistem organ lainnya.

3. Jangan terpapar radiasi rontgen, X-Rays / sinar X, kemoterapi dan lainnya

Misalnya menyerupai rontgen, X-Rays / sinar X, VDT ataupun bekerja di radiologi, hal ini tidak diperbolehkan. Menurut buku What to Expect When You're Expecting, risiko yang ditimbulkan oleh paparan sinar x yang cukup kecil, dengan terjadinya risiko terbesar pada awal kehamilan. Menginformasikan kepada dokter atau dokter gigi bahwa Ibu sedang hamil ialah cara terbaik untuk menghindari risiko Ibu. Jika sinar x sanggup ditunda hingga sehabis kehamilan, maka itu akan menghilangkan risiko. Meskipun dampaknya masih pro dan kontra antara berdampak atau tidak, sebaiknya ibu menghindarinya biar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Pengobatan kemoterapi juga sebaiknya jangan dilakukan selama hamil. Pengobatan kemoterapi sangat keras dan sangat berbahaya bagi kesehatan ibu maupun janin dalam kandungan. Jika Ibu hamil menderita kanker, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui metode pengobatan yang sempurna untuk ibu hamil.

4. Jangan lakukan pengobatan alternatif

Banyak wanita yang memakai pengobatan alternatif untuk mengatasi penyakit yang diderita. Selama hamil, dianjurkan untuk tidak melaksanakan pengobatan alternatif, baik pijat refleksi, minuman herbal, obat-obatan herbal, dan lainnya. Pengobatan alternatif sangat berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Seperti contohnya pijat refleksi yang memicu kontraksi dini dan sanggup berakhir pada persalinan prematur.

Artikel ini ialah rangkaian artikel dengan tema Pantangan Ibu Hamil Muda dan Hamil Tua. Untuk mengetahui pantangan selama hamil lainnya silakan baca:

18 Pantangan Aktivitas Keseharian yang Wajib Dihindari Ibu Hamil
Nutrisi Kehamilan: 11 Pantangan Makanan Minuman ketika Hamil
Hal-hal yang perlu diwaspadai ibu hamil dari binatang

Demikian artikel Pengobatan Ibu Selama Hamil yang membahas mengenai obat-obatan dan terapi yang harus dihindari selama kehamilan. Semoga sanggup membantu ibu hamil dalam menjaga kesehatan ibu hamil beserta bayi dalam kandungan. Selalu rutin periksa kehamilan ke bidan atau dokter dan pastikan ibu hamil memberitahu mengenai kehamilan ketika sedang menjalani pengobatan.