Ini Yang Wajib Dilakukan Ibu Selama Hamil

Artikel berjudul Hal yang Harus Dilakukan Ibu Hamil ini akan membahas mengenai perawatan sehari-hari untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Banyak kegiatan yang harus diperhatikan supaya bayi tetap sehat, alasannya kesehatan ibu akan berdampak pada janin dalam kandungan. Berikut ini beberapa tips / proposal kepada ibu hamil untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan.
Artikel berjudul Hal yang Harus Dilakukan Ibu Hamil ini akan membahas mengenai perawatan s Ini yang Wajib Dilakukan Ibu selama Hamil

1. Makanan Ibu Hamil

Pada dasarnya, Ibu hamil harus mengkonsumsi bermacam-macam masakan secara proporsional dengan teladan asupan nutrisi / gizi seimbang dan lebih banyak daripada sebelum hamil supaya kebutuhan janin terpenuhi. Proporsional berarti bukan hanya makan lebih banyak, namun sajian ibu hamil juga harus menerapkan teladan makan yang lebih sehat (mengandung banyak protein, vitamin, mineral menyerupai asam folat dan zat besi, dan lainnya).

Tidak ada pantangan masakan selama hamil, namun perlu diperhatikan bahwa ibu hamil yang mengalami obesitas berisiko tinggi terhadap bayi terkena kadar rendah vitamin D. Berat tubuh bumil berdampak pribadi terhadap kesehatan bayi. Kekurangan vitamin D pada ibu dengan obesitas. Sementara ibu yang kekurangan vitamin D meningkatkan resiko bayi lahir terkena rakhitis (penyakit yang mensugesti perkembangan tulang).

Sebagaimana Angka Kecukukupan Gizi (AKG) Indonesia 2013, pada trimester pertama, Ibu perlu mendapat asupan 180 kilo kalori lebih banyak setiap harinya. Pada kehamilan trimester kedua, Ibu perlu mendapat asupan kalori tambahan sekitar 300 kilo kalori per hari. Dan ketika memasuki masa kehamilan trimester terakhir, Ibu memerlukan asupan kalori tambahan 300 kilo kalori per hari.

Untuk itu, ibu hamil disarankan untuk makan 1-2 porsi lebih banyak masakan bergizi setiap hari. Makanan sehat menyerupai sayur, buah, lauk- pauk (daging merah, ayam, telur, ikan) dan kacang- kacangan sebaiknya dikonsumsi secara rutin. Sementara untuk mendapat gizi yang seimbang, Ibu hamil perlu memvariasikan sajian makan supaya mendapat semua gizi yang diperlukan. Selain itu, gunakan garam beryodium ketika memasak. Namun begitu, batasi penggunaan gula, garam, dan minyak.

Selain itu, cukupi kebutuhan air minum pada ketika hamil. Kebutuhan air minum ibu hamil 10 gelas perhari. Selain itu, usahakan untuk minum air kemasan. Studi terbaru menunjukkan bahwa minum air keran selama bulan-bulan awal kehamilan sanggup meningkatkan risiko keguguran. Jika sahabat mempunyai riwayat keguguran, sebaiknya diskusikan dengan dokter mengenai penggunaan air keran atau air kemasan.

Jika mual, muntah dan tidak nafsu makan, pilihlah masakan yang tidak berlemak dalam porsi kecil tetapi sering. Contohnya: buah, roti, ubi, singkong, biskuit.

Banyak hebat juga menyarankan ibu hamil pada trimester pertama untuk mengkonsumsi pelengkap asam folat sebanyak 0,6mg dan zat besi (Fe elemental) sebanyak 60mg dalam satu hari. Pada trimester kedua, tambahkan lagi 1000 mg kalsium, 2 mg tembaga, 4mcg vitamin D, dan 50 mg vitamin C. Lebih lanjut baca Vitamin Prenatal untuk Hamil Sehat

Untuk mempermudah ibu dalam menyusun sajian masakan yang sehat, tanyakan kepada bidan atau dokter perihal masakan bergizi ketika memeriksakan kehamilan.

2. Istirahat yang Cukup



Ibu hamil dihentikan mengalami letih berlebih, dengan begitu istirahat sangat penting untu diperhatikanketika hamil.Tidur malam paling sedikit 6 hingga dengan 7 jam dan usahakan siangnya tidur / berbaring selama 1 hingga dengan 2 jam. Usahakan juga untuk tidak tidur larut malam, alasannya selain akan mengganggu metabolisme tubuh, pada banyak pengalaman menunjukkan bahwa tidur larut malam ketika kehamilan menjadikan bayi sering berdiri dimalam hari ketika sudah dilahirkan.

Gunakan kelambu atau raket nyamuk (oleh suami) untuk mengusir nyamuk yang menurunkan kualitas tidur ibu hamil. Jangan pergunakan insektisida alasannya akan mengganggu perkembangan kehamilan dan bahkan membahayakan janin. Sementara pada kawasan endemis malaria, gunakanlah kelambu berinsektisida.

Posisi tidur ibu hamil setelah usia kehamilan memasuki usia 16 ahad sebaiknya miring ke kiri. Posisi menciptakan bayi mendapat pemikiran darah dan nutrisi yang maksimal ke dalam plasenta. Hal ini alasannya adanya vena besar di bab belakang sebelah kanan spina yang akan mengembalikan darah dari tubuh bab bawah kepada jantung. Selain itu, posisi tidur menyerupai ini juga sanggup menolong kerja ginjal untuk membuang sisa masakan dari tubuh ibu sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki dan bab tangan.

Selain istirahat, untuk membantu perkembangan janin, ibu bersama dengan suami sanggup melaksanakan rangsangan/stimulasi pada janin dengan sering mengelus-elus perut ibu dan mengajak janin berbicara semenjak usia kandungan 4 bulan.

3. Menjaga Kebersihan Diri


Kebersihan diri tentu harus dijaga untuk menjaga diri dari kuman serta virus yang sanggup menjadikan penyakit pada ibu. Ini sanggup dilakukan dengan mandi teratur minimal 2 kali sehari ketika kehamilan, terlebih penambahan berat tubuh dan keterbatasan gerak juga menciptakan ibu hamil lebih banyak mengeluarkan keringat.

Saat mandi, pastikan semua anggota tubuh (termasuk payudara dan kawasan kemaluan) bebas dari kotoran. Terutama pada kuku yang acapkali menjadi tempat berkumpulnya kotoran. Namun, hindari pemakaian cairan pembersih kemaluan (douching) atau memasukkan jari ke dalam kemaluan ketika membersihkannya. Selain itu, sebaiknya gunakan air untuk mandi dengan suhu ruangan, alasannya suhu yang tinggi apalagi pada awal kehamilan sanggup menjadikan cacat lahir pada janin. Sementara untuk rambut, lakukan basuh rambut dengan shampoo minimal 2-3 kali dalam seminggu. Selain itu, ganti juga pakaian dan pakaian dalam setiap kali selesai mandi.

Selain mandi, lakukan juga basuh tangan dengan sabun dan air higienis mengalir sebelum dan setelah makan, setelah buang air besar dan buang air kecil, serta disaat ibu merasa tangan kotor.

Menjaga kesehatan gigi juga penting. Menyikat gigi secara benar dan teratur minimal setelah sarapan dan sebelum tidur juga kewajiban ibu hamil. Karena kesehatan gigi juga berdampak pada kesehatan janin. Menggosok gigi ketika hamil harus dilakukan dengan lembut dan teratur, alasannya pada banyak ibu, perubahan hormon pada ketika hamil menciptakan gusi gampang berdarah. Selain itu, periksakan gigi ke kemudahan kesehatan pada ketika periksa kehamilan.

4. Aktivitas Fisik

Ibu hamil yang sehat sanggup melaksanakan kegiatan fisik sehari-hari dengan memperhatikan kondisi ibu dan keamanan janin yang dikandungnya. Suami harus membantu istrinya yang sedang hamil untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari.

Sementara untuk olahraga, setiap ibu hamil mempunyai karakteristik yang khas sehingga olahraga yang dipilih harus diadaptasi dengan kondisi ibu hamil secara spesifik. Pilih olahraga ringan menyerupai yoga, senam hamil atau jalan kaki yang tidak menguras banyak energi. Lebih lanjut silakan konsultasikan ke bidan atau dokter untuk olahraga yang kondusif bagi ibu.

5. Hubungan suami istri

Boleh melaksanakan korelasi suami istri selama hamil. Selalu gunakan kondom ketika bekerjasama untuk menghindari infeksi kanal kencing. Lebih rinci sanggup ditanyakan ke petugas kesehatan mengenai cara yang aman.

Itulah beberapa tips / proposal kepada ibu hamil untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Semoga sanggup membantu Sahabat yang sedang mencari pengetahuan, tips, dan hal lain seputar kehamilan. Untuk klarifikasi lebih lanjut tanyakan ke bidan atau dokter kandungan dimana sahabat memeriksakan kehamilan. Sahabat juga sanggup mencari di website ini dengan sumbangan mengetikkan kata kunci pencarian di kolom pencarian.