Ini Cara Menentukan Kb Terbaik

Semua jenis kontrasepsi sanggup dipakai oleh siapa saja bergantung pada kebutuhannya. Biasanya bidan, dokter, atau petugas Keluarga Berencana (KB) di klinik bersalin ataupun rumah sakit akan memperlihatkan klarifikasi menyeluruh mengenai pengunaan jenis KB yang akan digunakan. Juga terdapat bermacam-macam makalah artikel pengertian tujuan manfaat kegiatan KB dalam format pdf maupun ppt yang sanggup ditemukan melalui pencarian google. Namun begitu ada baiknya juga ibu beserta suami mempelajarinya dengan membaca artikel berjudul Cara Memilih KB terbaik ini.
Keluarga berencana (disingkat KB) ialah gerakan untuk membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera dengan membatasi kelahiran. Sebagaimana saran Prof Dr dr Biran Affandi, SpOG (K) yang dimuat oleh Kelebihan dan kekurangan Metode Amenore Laktasi (MAL)
Kelebihan dan Kekurangan KB Kondom
Kelebihan dan kekurangan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR)
Kelebihan dan kekurangan Kontrasepsi Steril / Mantap (Tubektomi dan Vasektomi)

2. KB Hormonal



KB Hormonal ialah jenis KB yang mengandung hormon sehingga merubah struktur hormon tubuh. Terdapat 2 jenis KB hormonal, yaitu yang memakai progestin (bahan tiruan dari progesteron) dan kombinasi (menggunakan kombinasi hormon esterogen dan progesteron). Pada KB hormonal progestin terdapat 3 metode, yaitu melalui oral dengan pil, injeksi / suntik dengan jarum suntik, dan implan / susuk KB. Sementara pada KB hormonal kombinasi hanya terdapat 2 metode, yaitu pil dan injeksi / suntik.

KB hormonal yang dipakai untuk ibu pasca melahirkan ialah yang hanya memakai progestin, sebab tidak akan mengganggu air susu ibu (ASI).

Kelebihan dan kekurangan pil KB
Kelebihan dan kekurangan injeksi / suntik KB
Kelebihan dan kekurangan Kontasepsi implan / susuk KB

Sampai disini artikel Cara Memilih KB Terbaik. Semoga sanggup membantu ibu atau bapak yang sedang mencari tahu KB apa yang paling cocok dan terbaik untuk diterapkan oleh Ibu atau bapak demi keluarga yang senang dan penuh kasih sayang.

Referensi :
Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) 2015 
Pamflet workshop peningkatan Pelayanan KB RS, narasumber: Prof. DR.dr. Biran Affandi, Sp.OG (K). BKKBN
Buku Pedoman Pelayanan Keluarga Berencana Pasca Persalinan di Fasilitas Kesehatan (BKKBN dan Kemenkes RI, 2012)