Kumpulan Saran Ibu Menyusui Dengan Asi

Menyusui yaitu cara yang alami dan normal untuk menunjukkan nutrisi pada bayi dan batita, dan Air Susu Ibu (ASI) yaitu susu yang dibentuk khusus untuk bayi manusia. Namun begitu, menyusui bayi ibu dengan ASI tidak selalu tiba secara alami. Terkadang diharapkan perjuangan yang cukup keras dan juga kesabaran Ibu untuk sanggup menyusui dengan ASI langsung (ASI saja hingga dengan 6 bulan). Berikut ini yaitu beberapa poin-poin penting saran dari ibu yang menyusui bayi dengan ASI yang disunting dari The Bump.
Menyusui yaitu cara yang alami dan normal untuk menunjukkan nutrisi pada bayi dan batita Kumpulan Saran Ibu Menyusui dengan ASI

  1. Datanglah ke kelas laktasi (menyusui) selama kehamilan. Lebih banyak persiapan lebih baik supaya pada waktunya nanti Ibu benar-benar siap. Namun begitu, jangan pernah mempunyai perasaan rendah diri atau takut tidak bisa menyusui dengan ASI, sebab pikiran itu justru menghambat keluarnya ASI.
  2. Setiap bayi mempunyai kemampuan berbeda-beda untuk menyusui. Jika bayi tidak segera menyusui bersabarlah hingga dia risikonya mau.
  3. Setiap Ibu juga mempunyai kemampuan berbeda-beda untuk menghasilkan ASI. Terus berusaha hingga ASI keluar.
  4. Ibu harus bisa menahan rasa sakit ketika menyusui. Karena terkadang ketika ASI pertama keluar menjadikan rasa sakit yang besar menyerupai ketika Ibu kontraksi. Bahkan rasa sakit akan berlangsung selama beberapa ahad pertama. Sering memijat payudara sanggup membantu mengurangi rasa sakit ketika menyusui.
  5. Ibu akan membutuhkan breastpad (bantalan payudara) atau tisu ketika menyusui, sebab terkadang payudara sisi lainnya bocor ketika Ibu menyusui.
  6. Ibu akan merasa sangat lapar ketika menyusui. Jadi, makanlah makanan dengan gizi seimbang dan porsi yang sempurna untuk mencukupi kebutuhan Ibu dan bayi.
  7. Pada beberapa ibu, asi tetap keluar hingga dengan tiga tahun sesudah menyusui. Jika Ibu mengalaminya, ini normal, tidak perlu khawatir berlebihan.
  8. Ibu harus mencari breastpad (bantalan payudara) terbaik, sebab terkadang alas payudara tidak menyerap cukup susu untuk memungkinkan saya untuk meninggalkan rumah selama lebih dari 15 menit.
  9. Ibu harus mencari pompa asi yang baik. Karena terdapat perbedaan daya hisap dan kecepatan memompa pada alat tersebut.
  10. Sebaiknya Ibu tetap menyusui dengan ASI meskipun di depan umum. Ini memang terkadang menjadikan rasa aib bagi Ibu, tapi itu yaitu jalan terbaik untuk perkembangan bayi.
  11. Meskipun pompa asi mahal, jangan berhemat untuk itu, ASI perah (ASIP) akan sangat berkhasiat ketika Ibu terpaksa meninggalkan bayi dengan suami, saudara atau teman. Ini juga bisa menciptakan Ibu lebih banyak mempunyai waktu luang sementara suami menunjukkan ASIP
  12. Posisi menyusui yang benar bisa menciptakan rasa nyaman baik bagi Ibu maupun bayi, jadi pelajarilah posisi menyusui yang terbaik
  13. Jangan stres wacana persoalan menyusui, apakah menyusui dengan ASI ataupun dengan formula terserah Ibu sendiri. Lakukan saja yang terbaik sebab memang terkadang ibu tak punya pilihan.



Itulah 13 saran menyusui yang bisa hamilbayi.com sampaikan. Untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi yang optimal, terus berikan ASI langsung hingga dengan usia bayi 6 bulan, dan berikan sebagai pendamping makanan hingga usia bayi 2 tahun. Semoga tips ini sanggup membantu ibu menyusui sukses memberi ASI langsung hingga 6 bulan. Semoga bermanfaat untuk membantu ibu supaya bisa menyusui dengan ASI langsung untuk perkembangan bayi terbaik dan mempererat ikatan emosional keluarga.